
Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Sub Tema Energi Dan Penggunaannya Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Di Kelas IV SDN 009 Sekatak Kabupaten Bulungan
Pengarang : Laurensius L.E. - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi Belajar Siswa kelas IV pada bidang studi IPA sub tema Energi dan penggunaannya melalui pendekatan scientific di kelas IV SDN. 009 Sekatak.
Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus di lakukan 2x pertemuan dan masing – masing terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah tes dan non tes, Instrumen pengumpulan data yang di gunakan adalah tes hasil berlajar, lembar penilaian aktivitas siswa, dan lembar aktivitas guru.
Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan di peroleh dari siklus I masi ada di antara siswa belum mencapai nilai standar KKM yaitu 65, akan tetapi pada siklus ke II sudah ada peningkatan hasil belajar siswa di sekolah, sebagai mana hasil di peroleh adalah siklus I memperoleh rata – rata 59,3 dengan persentasi ketuntasan hanya 30% sedangkan pada siklus ke II hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu rata – rata 65,55 dengan persentase ketuntasan mencapai 70% dan mengalami peningkatan menjadi 40%.
Penggunaan pendekatan scientific dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN. 009 Sekatak bidang studi IPA dengan sub tema Energi dan penggunaannya pada semester II tahun pembelajaran 2014/2015.
Kata Kunci: Meningkatkan Prestasi Belajar, Energi Dan Penggunaannya, Dengan Pendekatan Scientific
The research aimed to improving achievement of learning science (IPA) sub theme of energy and its utilizing by using scientific approach at the fourth grade of SDN 009 Sekatak. This research used Class action research which done by two cycles. Each cycle is done twice of meeting and each meeting consists of four stages. They are planning, action, observation, and reflection. Techniques of collecting data are test and non-test. Instrument of collecting data used learning result test, paper of student’s activity assessment, and paper of teacher’s activity. Based on the result of the research, at the first cycle there are some students have not reached standard value of KKM (65). At the second cycle there is improvement of the result student’s learning in the school, in same manner as the result of the first cycle got average 59,3 with percentage completeness is only 30 %. Whereas at the second cycle the result student’s learning increase till got average 65,55 with percentage completeness reached 70 % and improved till 40 %. Employing of scientific approach can improve achievement of student’s learning at the fourth grade of SDN 009 Sekatak lesson study of science sub theme Energy and its employing at the second semester of the lesson year 2014/2015.