
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Pengelolaan Sumber Daya Alam Di Kelas IV SDN 025 Tanjung Selor
Pengarang : Lapang Lian - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi pengelolaan sumber daya alam dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning di kelas IV SDN 025 Tanjung Selor.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 025 Tanjung Selor yang berjumlah 17 siswa, data yang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan ganda, lembar pengamatan aktivitas guru dan lembar pengamatan aktivitas siswa dalam pengelolaan pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh mengalami peningkatan pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 40,00% dari kriteria ketuntasan minimum 65. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II, pencapaian pembelajaran meningkat secara bertahap, yaitu pada siklus I sebanyak 10 siswa tuntas dan 7 siswa tidak tuntas, sehingga persentase ketuntasan mencapai 58,82%, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yakni sebanyak 14 siswa tuntas dan 3 siswa tidak tuntas, sehingga persentase ketuntasan juga mengalami peningkatan menjadi 82,35%. Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penerapan model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran IPA pada materi pengelolaan sumber daya alam di kelas IV SDN 025 Tanjung Selor dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Model Pembelajaran Problem Based Learning
This research aims to improve learning outcomes in the material science of natural resource management by implementing a learning model problem-based learning in class IV SDN 025 Tanjung Selor. This research is classroom action research conducted in two cycles, each cycle consisting of planning, implementation, observation and reflection. Subjects were fourth grade students of SDN 025 Tanjung Selor totaling 17 students, the data obtained by using students' test results in the form of multiple choice, teacher activity observation sheets and sheets of observations of student activity in learning management. The analysis technique used is qualitative data analysis techniques and quantitative data analysis techniques. These results indicate that an increase in student learning outcomes. The results obtained have increased in each cycle, before the given action in the classical learning completeness reached only 40.00% of the minimum completeness criteria 65. After the action in the first cycle and the second cycle, the learning achievement increases gradually, i.e. in the first cycle by 10 students completed and 7 students did not complete, so the percentage of completeness reached 58.82%, while in the second cycle an increase in the total of 14 students completed and 3 students did not complete, so the percentage of completeness also increased to 82.35%. Conclusion Class Action Research (PTK) is the application of learning models of problem-based learning in science learning in natural resource management material in class IV SDN 025 Tanjung Selor can improve student learning outcomes. Keywords: Result Study, Science, Problem-Based Learning Model of Learning