Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Memanfaatkan Media Lingkungan Pada Materi Matahari Dan Kegunaannya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Kelas II SDN 007 Tanjung Palas Utara | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Memanfaatkan Media Lingkungan Pada Materi Matahari Dan Kegunaannya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Kelas II SDN 007 Tanjung Palas Utara

Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Memanfaatkan Media Lingkungan Pada Materi Matahari Dan Kegunaannya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Kelas II SDN 007 Tanjung Palas Utara

Pengarang : Langet Ding - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi matahari dan kegunaannya dengan menerapkan pendekatan saintifik memanfaatkan media lingkungan di kelas II SDN 007 Tanjung Palas Utara.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas II SDN 007 Tanjung Palas Utara yang berjumlah 13 siswa, data yang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan ganda, lembar pengamatan aktivitas guru dan lembar pengamatan aktivitas siswa dalam pengelolaan pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh mengalami peningkatan pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 48,35% dari kriteria ketuntasan minimum 60 untuk materi matahari dan kegunaannya. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II, pencapaian pembelajaran meningkat secara bertahap siklus I memperoleh persentase 53,84% meningkat pada siklus II menjadi 76,92% masing-masing siklus.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penerapan pendekataan saintifik dengan memanfaatkan media lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi matahari dan kegunaannya di kelas II SDN 007 Tanjung Palas Utara.

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Pendekatan Saintifik, Media Lingkungan

This research aims to improve learning outcomes in the material science of the sun and its usefulness to the scientific approach utilizing the media environment in the class II SDN 007 Tanjung Palas Utara. This research is classroom action research conducted in two cycles, each cycle consisting of planning, implementation, observation and reflection. Subjects were students of class II SDN 007 Tanjung Palas Utara, amounting to 13 students, the data obtained by using students' test results in the form of multiple choice, teacher activity observation sheets and sheets of observations of student activity in learning management. The analysis technique used is qualitative data analysis techniques and quantitative data analysis techniques. These results indicate that an increase in student learning outcomes. The results obtained have increased in each cycle, before the given action in the classical learning completeness reached only 48.35% of the minimum completeness criteria 60 for the material sun and usefulness. After the action on the first cycle and the second cycle, the learning achievement of gradual increase cycle I earn a percentage 53.84% increase in the second cycle into 76.92% each cycle. Conclusion Class Action Research (PTK) is the application of scientific approach by utilizing the media environment can improve learning outcomes in the material science of the sun and its usefulness in the class II SDN 007 Tanjung Palas Utara. Keywords: Result Study, Science, Scientific Approach, The Media Environment

Detail Informasi