Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Materi Perkembangan Teknologi Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas IV SDN 012 Tanjung Palas Timur | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Materi Perkembangan Teknologi Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas IV SDN 012 Tanjung Palas Timur

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Materi Perkembangan Teknologi Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas IV SDN 012 Tanjung Palas Timur

Pengarang : Johan Bilung - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada materi perkembangan teknologi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas IV SDN 012 Tanjung Palas Timur.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 012 Tanjung Palas Timur yang berjumlah 16 siswa, data yang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan ganda, lembar pengamatan aktivitas guru dan lembar pengamatan aktivitas siswa dalam pengelolaan pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh mengalami peningkatan pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 44,44% dari kriteria ketuntasan minimum 70. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II, pencapaian pembelajaran meningkat secara bertahap dari 62,50% menjadi 81,25% masing-masing siklus.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi perkembangan teknologi di kelas IV SDN 012 Tanjung Palas Timur dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

This research aims to improve learning outcomes IPS in material technology development using cooperative learning model jigsaw in class IV SDN 012 Tanjung Palas Timur. This research is a classroom action research conducted in two cycles, each cycle consisting of planning, implementation, observation and reflection. Subjects were students of class IV SDN 012 Tanjung Palas Timur totaling 16 students, the data obtained by using students' test results in the form of multiple choice, teacher activity observation sheets and sheets of observations of student activity in learning management. The analysis technique used is qualitative data analysis techniques and quantitative data analysis techniques. These results indicate that an increase in student learning outcomes. The results obtained have increased in each cycle, before the given action in the classical learning completeness reached only 44.44% of the minimum completeness criteria 70. After the action in the first cycle and the second cycle, the learning achievement increased gradually from 62.50% to 81, 25% of each cycle. Conclusion Class Action Research (PTK) is the use of cooperative learning model of technology development jigsaw on the material in class IV SDN 012 Tanjung Palas Timur can improve student learning outcomes. Keywords: Result Study, Social Science, Jigsaw Cooperative Learning Model

Detail Informasi