Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Alat Indera Manusia Menggunakan Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas IV SDN 001 Tanjung Palas Timur Tahun Pembelajaran 2014-2015 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Alat Indera Manusia Menggunakan Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas IV SDN 001 Tanjung Palas Timur Tahun Pembelajaran 2014-2015

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Alat Indera Manusia Menggunakan Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas IV SDN 001 Tanjung Palas Timur Tahun Pembelajaran 2014-2015

Pengarang : Jetsin - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatan Hasil Belajar IPA Materi Alat Indera Manusia Menggunakan Pendekatan Ilmiah di Kelas IV SDN 001 Tanjung Palas Timur.
Jenis disain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), disain ini terdiri dari empat langkah prosedur penelitian yaitu, perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian sebagai alat untuk mengumpulkan data penelitian, yaitu lembar observai guru dan siswa dan lembar kerja siswa atau tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan ilmiah dapat meningatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Hal ini ditunjukkan berdasarkan hasil temuan penelitian bahwa pada siklus pertama dalam penelitian ini adalah 65% meningkat menjadi 85% pada siklus kedua.
Berdasarkan hasil temuan di atas hal ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan ilmiah dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi alat indera manusia di kelas IV SD Negeri 001 Tanjung Palas Timur.

Kata Kunci: Pendekatan Ilmiah, Alat Indera Manusia

The research aim was to improve students’ science achievement in the material of human senses through scientific approach at fourth grade students of SDN 001 Tanjung Palas Timur academic year 2014/2015. The research design in this research was Class Action Research, it consisted of two cycles. The first cycle and the second cycle had four steps, namely Planning, Implementing, observing, and reflecting. This research instruments were test and observation sheet. The research result showed that students were able to improve their competences for all aspects. The data showed that the first cycle to the second cycle has significant improving. The result for the first cycle showed 65% increases 85 % in the second cycle. Based on the data finding above, it can be concluded that scientific approach can improve students’ science achievement in the material of human senses through scientific approach at fourth grade students of SDN 001 Tanjung Palas Timur academic year 2014/2015. Keywords: Scientific Approach, Human Senses

Detail Informasi