
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Peristiwa Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Di Kelas I SDN 018 Tanjung Palas
Pengarang : Iin Fitryana - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam tindakan ini meliputi: penilaian hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik, hasil observasi aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan hasil observasi keterampilan mengajar guru yang dibantu oleh teman sejawat. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 14 April sampai 22 April 2014. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN 018 Tanjung Palas tahun pembelajaran 2013-2014 yang berjumlah 10 siswa.
Peningkatan hasil belajar kognitif yang diperoleh pada siklus I adalah 80% dari seluruh siswa mencapai ketuntasan (KKM ≥60). Kemudian pada siklus II menjadi 90% siswa mencapai ketuntasan (KKM ≥60). Rata-rata hasil belajar psikomotorik meningkat dari 80% pada siklus I menjadi 93% pada siklus II. Rata rata hasil belajar afektif juga meningkat dari 76,67% pada siklus I menjadi 96,67% pada siklus II.
Dengan demikian salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar pada Tema Peristiwa siswa kelas I SDN 018 Tanjung Palas adalah dengan menggunakan pendekatan scientific.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendekatan Scientific
This kind of research is action classroom research and done in two cycles. Each cycles consist of: planning, acting, observing, and reflecting. Data collecting in this research consist of cognitive, affective, and psycomotoric assessment result, observation student learning activities result, and observation of teacher activity result who has been helped by teachers friend. This research has done since April 14, 2014 until April 22, 2014 in two cycles. Subject of this research are 10 students of SDN 018 Tanjung Palas in 1’st class academic year 2013-2014. The increasing of cognitive result which is gained in the first cycle is 80% of the whole students reached the minimal completeness criteria (≥60). In the second cycle becomes 90% students reached minimal completeness criteria (≥60). The average of result of psycomotoric learning increase from 80% in the first cycle be 93% in the second cycle. The average of result of affective learning also increases from 76,67% in the first cycle be 96,67% in the second cycle. Therefore, one of effort s could be done to increase learning result in Event theme of students of SDN 018 Tanjung Palas class one is by using scientific approach. Keywords: The Result of Students Learning, Scientific Approach