
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Persegi Panjang Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Pada Siswa Kelas III SDN 004 Sekatak
Pengarang : Idham - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Persegi Panjang Dengan Menggunakan Pendekatan Santifik Berbantuan Media Pada Siswa Kelas III SDN 004 Sekatak tertuang dalam Siklus I dan Siklus 2 yang terdiri dari : a. Perencanaan, b. Pelaksanaan, c. Observasi dan d. Refleksi.
Belajar matematika adalah belajar konsep-konsep matematika yang abstrak. Peserta didik SD pada umumnya berada pada tahap berpikir konkrit yang ditandai oleh penalaran logis tentang hal-hal yang dapat dijumpai dalam dunia nyata. Di samping itu, konsep matematika yang lebih tinggi daripada yang sudah dimiliki peserta didik, tidak dapat dikomunikasikan dengan definisi, tetapi perlu memberikan kepadanya contoh-contoh yang sesuai dengan materi pelajaran. Dengan contoh konkrit yang cocok dengan konsep yang diajarkan, dimaksudkan untuk menumbuhkan motivasi dan minat belajar matematika peserta didik. .dengan menggunakan pendekatan saintifik yaitu mengamat, menanya, mencoba, menyimpulkan, dan mennyajikan.
Kata Kunci: Mengamat, Menanya, Mencoba, Menyimpulkan, Menyajikan, Motivasi, Minat, Belajar Matematika
Improve learning outcomes material math rectangle using scientific approach to media assisted in class III SDN 004 Sekatak contained in cycle 1 and cycle 2 which consists of: a. Planning, b. Implementation, c. Observation and d. Reflection. Learning math is learning mathematical concept are abstract. Elementary school students in general are at the stage of concrete thinking characterized by logical reasoning about the things that can be found in the real world. Besides, the concept of higher mathematics than those already owned learners cannot be communicated with the definition, but it needs to give him examples which according to the subject matter. Wich concrete examples that fit with the concepts taught, meant to evoke motivation and interest in learning mathematics learns by using a scientific approach is to observe, ask, try, conclude and present. Keywords: Observe, Ask, Trying, Conclude, Presenting, Motivation, Interests, Learning Mathematics