
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Simetri Bangun Datar Dan Bangun Ruang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Alat Peraga Di Kelas V SDN 001 Tanjung Palas Barat
Pengarang : Hat Segah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi simetri bangun datar dan bangun ruang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan alat peraga di kelas V SDN 001 Tanjung Palas Barat.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN 001 Tanjung Palas Barat yang berjumlah 22 siswa, data yang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dalam bentuk essay, lembar pengamatan aktivitas guru dan lembar pengamatan aktivitas siswa dalam pengelolaan pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh mengalami peningkatan pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 52,34% dari kriteria ketuntasan minimum 60. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II, pencapaian pembelajaran meningkat secara bertahap dari 59,09% menjadi 81,81% masing-masing siklus.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan alat peraga dalam pembelajaran matematika pada materi simetri bangun datar dan bangun ruang di kelas V SDN 001 Tanjung Palas Barat dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Alat Peraga
This research aims to improve the learning outcomes of mathematics at the material flat wake symmetry and geometry using cooperative learning model type STAD assisted props in class V SDN 001 Tanjung Palas Barat. This research is classroom action research conducted in two cycles, each cycle consisting of planning, implementation, observation and reflection. Subjects were students of class V SDN 001 Tanjung Palas Barat, amounting to 22 students, the data obtained by using students' test results in the form of essays, teacher observation sheet activity and student activity sheets observations in the management of learning. The analysis technique used is qualitative data analysis techniques and quantitative data analysis techniques. These results indicate that an increase in student learning outcomes. The results obtained have increased in each cycle, before the given action in the classical learning completeness reached only 52.34% of the minimum completeness criteria 60. After the action in the first cycle and the second cycle, the learning achievement increased gradually from 59.09% to 81, 81% of each cycle. Conclusion Class Action Research (PTK) is the use of cooperative learning model type STAD assisted props in mathematics at the material flat wake symmetry and geometry in class V SDN 001 Tanjung Palas Barat can improve student learning outcomes. Keywords: Learning Outcomes, Mathematics, Cooperative Learning Model Type STAD, Props