Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Selalu Berhemat Energi Sub Tema Gaya Dan Gerak Menggunakan Pendekatan Scientific Dengan Model Pembelajaran NHT Di Kelas IV SDN 010 Tanjung Palas Utara | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Selalu Berhemat Energi Sub Tema Gaya Dan Gerak Menggunakan Pendekatan Scientific Dengan Model Pembelajaran NHT Di Kelas IV SDN 010 Tanjung Palas Utara

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Selalu Berhemat Energi Sub Tema Gaya Dan Gerak Menggunakan Pendekatan Scientific Dengan Model Pembelajaran NHT Di Kelas IV SDN 010 Tanjung Palas Utara

Pengarang : Edy Santoso - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan dari peneliian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema selalu berhemat energi subtema gaya dan gerak menggunakan pendekatan scientific dengan Model pembelajaran NHTdi kelas IV SDN 010 Tanjung Palas Utara.
Penelitian ini dilaksanakanmulai tanggal 1 Juli sampai dengan 30 Agustus 2014 pada semester ganjil. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindkan kelas, penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 22 Orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Observasi.
Hasil penelitian siklus I keberhasilan siswa mencapai 69 persen dan siklus II mencapai 86 persen ini menunjukkan bahwa siswa telah mencapai indikator kesuksesan.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan scientific dengan Model pembelajaran NHTdapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN 010 Tanjung Palas Utara.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendekatan Scientific Dengan Model NHT

Purpose of this research is improving student learning outcomes on the theme always save energy and sub-theme style and move using a scientific approach to the study model NHT in grade 4 SDN 010 Tanjung Palas Utara. This research has been conducted on 1 July until 30 August 2014 in odd semester. The type of research is research of action class, the research was conducted in two cycles, each cycle consist of planning, implementation, observation and reflection. The research subjects were students in grade 4 who are 22 students. Research instruments which are used were observation. The result of research cycle 1 success of students reached 69 percent and reached 86 percent and cycles 2 shows that the student has reached an indicator of success. Based on the research results, it can be concluded that learning to use a scientific approach with the study model NHT can improve student learning outcome at 4th grade in SDN 010 Tanjung Palas Utara. Keywords: Study Outcomes, Scientific Approach Using NHT Model

Detail Informasi