
Penerapan Pendekatan Scientific Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Materi Pelestarian Sumber Daya Alam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Kelas IV SDN 006 Tanjung Palas Timur
Pengarang : Farida Ing - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi pelestarian sumber daya alam dengan pendekatan scientific menggunakan metode demonstrasi di kelas IV SDN 006 Tanjung Palas Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 006 Tanjung Palas Timur yang berjumlah 16 siswa, data yang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan ganda, lembar pengamatan aktivitas guru dan lembar pengamatan aktivitas siswa dalam pengelolaan pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh mengalami peningkatan pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 42,86% dari kriteria ketuntasan minimum 65. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II, pencapaian pembelajaran meningkat secara bertahap dari 56,25% menjadi 87,50% masing-masing siklus. Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penerapan pendekatan scientific menggunakan metode demonstrasi pada materi pelestarian sumber daya alam di kelas IV SDN 006 Tanjung Palas Timur dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Pendekatan Scientific, Metode Demonstrasi
This research aims to improve science learning outcomes in material preservation of natural resources with a scientific approach using demonstration method in class IV SDN 006 Tanjung Palas Timur. This research is classroom action research conducted in two cycles, each cycle consisting of planning, implementation, observation and reflection. Subjects were students of class IV SDN 006 Tanjung Palas Timur totaling 16 students, the data obtained by using students' test results in the form of multiple choice, teacher activity observation sheets and sheets of observations of student activity in learning management. The analysis technique used is qualitative data analysis techniques and quantitative data analysis techniques. These results indicate that an increase in student learning outcomes. The results obtained have increased in each cycle, before the given action in the classical learning completeness reached only 42.86% of the minimum completeness criteria 65. After the action in the first cycle and the second cycle, the learning achievement increased gradually from 56.25% to 87, 50% of each cycle. Conclusion Class Action Research (PTK) is the application of scientific approach using the method demonstration on material conservation of natural resources in class IV SDN 006 Tanjung Palas Timur can improve student learning outcomes. Keywords: Result Study, Natural Science, Scientific Approach, Demonstration Method