
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Inquiry Pada Siswa Kelas IV SDN 004 Tanjung Selor Kabupaten Bulungan Tahun Pelajaran 2014/ 2015
Pengarang : Elie - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika Pada Materi Geometri dengan menggunakan Metode Inquiry. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilangsanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN.004 Tanjung Selor yang berjumlah 17 siswa, data yang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dalam bentuk Pilihan Ganda (PG), lembar pengamatan aktifitas guru dan lembar pengamatan Aktifitas siswa dalam pengolaan pembelajaran. Teknik analisis yang di gunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantatif.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh mengalami peningkatan pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 58,8% dari kreteria ketuntasan minimum 60. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II Pencapaian Pembelajaran meningkat secara bertahap dari 56,9% dan 100% masing masing siklus .
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penerapan Metode Inquiry pada Materi Geometri dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika, Metode Inquiry
Tidak Tersedia Deskripsi