
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Materi Sumber Daya Alam Dan Teknologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Kelas IV SDN 014 Tanjung Selor
Pengarang : Dewi Astuti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untu meningkatkan hasil belajar IPA materi sumber daya alam dan teknologi melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas IV SDN 014 Tanjung Selor.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan 2 siklus, setiap siklus dilakukan 2 pertemuan, dan setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar,lembar penilaian aktivitas siswa dan lembar aktivitas guru.
Hasil belajar yang diperoleh pada penggunaan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mata pelajaran IPA materi sumber daya alam dan teknologi di kelas IV SDN 014 Tanjung Selor, diketahui bahwa siklus I memperoleh nilai presentase ketuntasan sebesar 63%, dengan hasil tersebut siswa yang tuntas hanya 5 siswa, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan prestasi belajar siswa yaitu memperoleh persentase 87% yaitu siswa yang tuntas sudah mencapai 7 siswa.
Berdasarkan hasil belajar siswa yang diperoleh pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan pembelajaran kooperatif tipe model jigsaw pada pembelajaran IPA materi sumber daya alam dan teknologi di kelas IV SDN 14 Tanjung Selor dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Kooperatif Tipe Model Jigsaw
This study aims to improve learning outcomes material science and technology of natural resources through the implementation of cooperative learning jigsaw in grade IV SDN 014 Tanjung Selor. This classroom action research conducted with 2 cycles, each cycle performed two meetings, and each cycle consists of four phases: planning, action, observation, and reflection. Data collection techniques used were a test of learning outcomes, assessment of student activity sheets and activity sheets teachers. Study results obtained in the use of cooperative learning jigsaw science subjects' material natural resources and technology in class IV SDN Tanjung Selor 014, it is known that the first cycle to obtain a percentage value of completeness by 63%, with the result that students who completed only 5 students, while on the second cycle increased student achievement is to obtain the percentage of 87%, ie students who completed already reached 7 students. Based on student learning outcomes obtained in this study it can be concluded that the use of cooperative learning of jigsaw models in science learning material natural resources and technology in class IV SDN 14 Tanjung Selor can improve student learning outcomes. Keywords: Learning Outcomes IPA, Cooperative Model Type Jigsaw