Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Kelas V SDN 014 Tanjung Palas | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Kelas V SDN 014 Tanjung Palas

Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Kelas V SDN 014 Tanjung Palas

Pengarang : Dayang - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui metode demonstrasi pada siswa kelas V SDN 014 Tanjung Palas.
Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan setiap siklus dilakukan dengan 2 pertemuan, dan setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaianaktivitas siswa dan lembar aktivitas guru.
Hasil belajar yang diperoleh pada Penerapan metode Demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar IPA di kelas V SDN 014 Tanjung Palas yaitu siklus I diperoleh nilai rata-rata 72 dengan presentase ketuntasan 67% dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 82 dengan presentase Ketuntasan 87%.
Berdasarkan hasil belajar yang diperoleh pada penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas V SDN 014 Tanjung Palas.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Demonstrasi, Bidang Studi IPA

This research aims to improve science learning outcomes through demonstration method in class V SDN 014 Tanjung Palas. Classroom action research conducted each cycle is done with 2 meeting, and each cycle consists of four phases: planning, action, observation, and reflection. Data collection techniques used were a test of learning outcomes, assessment of student activity sheets and activity sheets teachers. Study results obtained in Application Demonstration methods to improve science learning outcomes in class V SDN 014 Tanjung Palas ie cycle I gained an average value of 72 to 67% the percentage of completeness and the second cycle obtain an average value of 82 with a percentage of 87% completeness. Based on the study results obtained in this study it can be concluded that the application of the method of demonstration can improve learning outcomes in science class V SDN 014 Tanjung Palas. Keywords: Results of Study, Methods Demonstration, Field of Study IPA

Detail Informasi