
Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Materi Sumber Daya Alam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Kelas IV SDN 001 Tanjung Palas Tengah Tahun Ajaran 2014/ 2015
Pengarang : Anwar - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi sumber daya alam dengan menerapkan model contextual teaching and learning (CTL) di kelas IV SDN 001 Tanjung Palas Tengah Tahun Ajaran 2014/ 2015. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdapat 2 cara yaitu tes dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar aktivitas pengamatan guru dalam pengelolaan pembelajaran.
Rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif meningkat dari siklus I ke siklus II. Hasil ketuntasan pada siklus I memperoleh persentase sebesar 57,14% dengan rincian 20 siswa tuntas dan 15 siswa tidak tuntas, sedangkan siklus II mencapai ketuntasan 80,00% dengan rincian 28 siswa tuntas dan 7 tidak tuntas. Hasil penelitian pada siklus II telah memenuhi lebih dari indikator keberhasilan tindakan yang telah di tetapkan yakni 75%.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penerapan model contextual teaching and learning (CTL) pada materi sumber daya alam di kelas IV SDN 001 Tanjung Palas Tengah dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Model Contextual Teaching and Learning (CTL)
Class Action Research (PTK) aims to improve learning outcomes in the material science of natural resources by applying the model Contextual Teaching and Learning (CTL) in class IV SDN 001 Tanjung Palas Tengah School Year 2014 / 2015. Class Action Research (PTK) performed in 2 cycles, each consisting of four stages: planning, action, observation / observation and reflection. Data collection techniques used there are two ways that tests and observation. Data collection instruments used were a test result of learning, observation of student activity sheets and sheets of observations activity of teachers in the management of learning. The average score on the cognitive aspects of learning outcomes increased from cycle I to cycle II. Results of completeness in the first cycle to obtain a percentage of 57.14% with details of 20 students and 15 students completed incomplete, while the second cycle achieve mastery of 80.00% with details of 28 students completed and 7 incompletes. Results of research on the second cycle have met more than indicators of success of the action that has been set that is 75%. Conclusion Class Action Research (PTK) is the application of contextual models of teaching and learning (CTL) on the matter of natural resources in class IV SDN 001 Tanjung Palas Tengah can improve student learning outcomes. Keywords: Result Study, Natural Science, Models Contextual Teaching and Learning (CTL)