
Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Menulis Karangan Menggunakan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Media Gambar Di Kelas III SDN 014 Tanjung Selor
Pengarang : Antonius Padan - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada materi menulis karangan menggunakan model contextual teaching and learning (CTL) berbantuan media gambar di kelas III SDN 014 Tanjung Selor.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus, masing masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdapat 2 cara yaitu tes dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar aktivitas pengamatan guru dalam pengelolaan pembelajaran. Rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif meningkat dari siklus I ke siklus II. Hasil ketuntasan pada siklus I memperoleh persentase sebesar 61,54% dengan rincian 8 siswa tuntas dan 5 siswa tidak tuntas, sedangkan siklus II mencapai ketuntasan 76,92% dengan rincian 10 siswa tuntas dan 3 tidak tuntas. Hasil penelitian pada siklus II telah memenuhi lebih dari indikator keberhasilan tindakan yang telah di tetapkan yakni 75%.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penggunaan model contextual teaching and learning (CTL) berbantuan media gambar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi menulis karangan di kelas III SDN 014 Tanjung Selor dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Bahasa Indonesia SD, Contextual Teaching and Learning (CTL), Media Gambar
Class Action Research (PTK) aims to improve learning outcomes Indonesian on essay writing materials using models Contextual Teaching and Learning (CTL) media-aided drawing in class III SDN 014 Tanjung Selor. Class Action Research (PTK) conducted in two cycles, each consisting of four stages: planning, action, observation / observation and reflection. Data collection techniques used there are two ways that tests and observation. Data collection instruments used were a test result of learning, observation of student activity sheets and sheets of observations activity of teachers in the management of learning. The average score on the cognitive aspects of learning outcomes increased from cycle I to cycle II. Results of completeness in the first cycle to obtain a percentage of 61.54% with 8 students' complete details and 5 students are not completed, while the second cycle achieve mastery 76.92% with details of 10 students completed and 3 incompletes. Results of research on the second cycle have met more than indicators of success of the action that has been set that is 75%. Conclusion Class Action Research (PTK) is the use of models Contextual Teaching and Learning (CTL) images in the media-aided learning Indonesian in the material write the essay in class III SDN 014 Tanjung Selor can improve student learning outcomes. Keywords: Indonesian Language SD, Contextual Teaching and Learning (CTL), Media Images