
Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Berperilaku Mulia Sesuai Pancasila Melalui Metode Role Playing Di Kelas II SDN 007 Tanjung Palas
Pengarang : Angun Pangut - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Berperilaku Mulia Sesuai Pancasila Melalui Metode Role Playing Di Kelas II SDN 007 Tanjung Palas.
Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan setiap siklus dilakukan dengan 2 pertemuan, dan setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian aktivitas siswa dan lembar aktivitas guru.
Hasil belajar yang diperoleh pada penggunaan metode role playing pada materi berperilaku mulia sesuai pancasila di kelas II SDN 007 Tanjung Palas yaitu siklus I memperoleh rata-rata 70 dengan persentase ketuntasan hanya 69%, sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dengan rata-rata 81,15 dengan persentase ketuntasan mencapai 85%.
Berdasarkan hasil belajar yang diperoleh pada penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa dengan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi berperilaku mulia sesuai Pancasila di kelas II SDN 007 Tanjung Palas.
Kata Kunci: Metode Role Playing, PKn SD
This research aims to improve Civic Education Learning Outcomes Matter behaves Majesty accordance Pancasila Through Role Playing Method in class II SDN 007 Tanjung Palas. Classroom action research conducted each cycle is done with 2 meeting, and each cycle consists of four phases: planning, action, observation, and reflection. Data collection techniques used were a test of learning outcomes, assessment of student activity sheets and activity sheets teachers. Study results obtained in the use of the method of role playing the noble materials behave in accordance Pancasila in class II SDN 007 Tanjung Palas ie cycle I gained an average of 70 by the percentage of completeness only 69%, while in the second cycle student learning outcomes has risen to the mean average 81.15 with the percentage reached 85% completeness. Based on the study results obtained in this study it can be conclude that the method of role playing can improve learning outcomes Civics noble materials behave in accordance Pancasila in class II SDN 007 Tanjung Palas. Keywords: Role Playing Methods, PKn SD