
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas V SDN 001 Tanjung Palas Tengah
Pengarang : Akhmad - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams- Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas V SDN 001 Tanjung Palas Tengah.
Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus dilakukan 2 pertemuan, dan setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalahtes hasil belajar, lembar penilaian aktivitas siswa dan lembar aktivitas guru.
Hasil belajar yang diperoleh pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams- Achievement Divisions (STAD) pada pembelajaran IPS materi matematika materi bangun ruang kelas V SDN 001 Tanjung Palas Tengah, diketahui bahwa hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I memperoleh nilai ketuntasan 58% sedangkan untuk siklus II telah memperoleh nilai ketuntasan secara klasikal 77%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada pembelajaran IPS materi matematika materi bangun ruang kelas V SDN 001 Tanjung Palas Tengah.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD)
This research aims to improve learning outcomes geometry material mathematics using cooperative learning model Teams- Student Achievement Divisions (STAD) in the fifth grade students of SDN 001 Tanjung Palas Tengah. Classroom action research conducted in two cycles, each cycle conducted two meetings, and each cycle consists of four phases: planning, action, observation, and reflection. Data collection techniques used were a test of learning outcomes, assessment of student activity sheets and activity sheets teachers. Study results obtained in the use of cooperative learning model Teams Student Achievement Divisions (STAD) in the learning of mathematics material IPS wake classroom materials SDN 001 Tanjung Palas Tengah, it is known that student learning outcomes obtained in the first cycle completeness scored 58% while for the second cycle have gained value in classical completeness 77%. Based on these results it can be concluded the use of cooperative learning model Teams- Student Achievement Divisions (STAD) in the learning of mathematics material IPS wake classroom materials SDN 001 Tanjung Palas Tengah. Keywords: Cooperative Learning Model Student Teams Achievement Divisions (STAD)