Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Hubungan Teknologi Dengan Sumber Daya Alam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Kelas IV SDN 005 Tanjung Palas | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Hubungan Teknologi Dengan Sumber Daya Alam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Kelas IV SDN 005 Tanjung Palas

Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Hubungan Teknologi Dengan Sumber Daya Alam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Kelas IV SDN 005 Tanjung Palas

Pengarang : Agustina Lajan - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi hubungan teknologi dengan sumber daya alam menggunakan model pembelajaran discovery learning di kelas IV SDN 005 Tanjung Palas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 005 Tanjung Palas yang berjumlah 22 siswa, data yang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan ganda, lembar pengamatan aktivitas guru dan lembar pengamatan aktivitas siswa dalam pengelolaan pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh mengalami peningkatan pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 40,00% dari kriteria ketuntasan minimum 64. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II, pencapaian pembelajaran meningkat secara bertahap dari 54,54% menjadi 81,81% masing-masing siklus. Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penerapan model pembelajaran discovery learning dalam pembelajaran IPA pada materi hubungan teknologi dengan sumber daya alam di kelas IV SDN 005 Tanjung Palas dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Model Pembelajaran Discovery Learning

This research aims to improve learning outcomes in material science technology relationship with natural resources using discovery learning model learning in class IV SDN 005 Tanjung Palas. This research is classroom action research conducted in two cycles, each cycle consisting of planning, implementation, observation and reflection. Subjects were 005 fourth grade students of SDN Tanjung Palas, amounting to 22 students, the data obtained by using students' test results in the form of multiple choice, teacher activity observation sheets and sheets of observations of student activity in learning management. The analysis technique used is qualitative data analysis techniques and quantitative data analysis techniques. These results indicate that an increase in student learning outcomes. The results obtained have increased in each cycle, before the given action in the classical learning completeness reached only 40.00% of the minimum completeness criteria 64. After the action in the first cycle and the second cycle, the learning achievement increased gradually from 54.54% to 81, 81% of each cycle. Conclusion Class Action Research (PTK) is the application of discovery learning model learning in science learning in materials technology relationship with natural resources in class IV SDN 005 Tanjung Palas can improve student learning outcomes. Keywords: Result Study, Natural Science, Discovery Learning Model Learning

Detail Informasi