
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sumber Daya Alam Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV SDN 004 Bunyu
Pengarang : Yayuk Enti Astutik - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Menggunakan Media Gambar Kelas IV SDN 004 Bunyu.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan menggunakan media gambar dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi.
Ketuntasan belajar klasikal mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I sebesar 67% meningkat menjadi 83% pada siklus II.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penggunaan media gambar pada materi sumber daya alam kelas IV SDN 004 Bunyu dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Media Gambar
Class Action Research (PTK) aims to improve learning outcomes in the material science of natural resources by using media images in grade IV SDN 004 Bunyu. Class Action Research (PTK) Using Media Image conducted in two cycles, each consisting of four stages: planning, action, observation / observation and reflection. Classical learning has increased from cycle I to cycle II. In the first cycle of 67% rising to 83% in the second cycle. Conclusion Class Action Research (PTK) is the use of media images on material resources Bunyu 004 class IV SDN can improve student learning outcomes. Keywords: Learning Outcomes, Science, Media Image