
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Di Kelas III-C SDN 043 Tarakan
Pengarang : Yanti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share di kelas III-C SDN 043 Tarakan pada materi uang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Objek penelitian adalah siswa kelas III-C SDN 043 Tarakan yang berjumlah 38 siswa, data yang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dalam bentuk uraian, lembar pengamatan aktivitas guru, dan lembar pengamatan aktivitas siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 38% dari kriteria ketuntasan minimum (60). Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II pencapaian pembelajaran meningkat secara bertahap dari 66% menjadi 89%.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share
The aim of this research is to improve Social science’s learning outcome using cooperative learning model of Think Pair Share type in III-C class of SDN 043 Tarakan on money material. The type of this research is Classroom Action Research (CAR) which was held in 2 cycles, where each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. The object of this research is students in III-C class of SDN 043 Tarakan with the total number of 38 students. Data found using student’s learning outcome test in description, teacher’s activity observation form, and students’s activity observation form. The result of this research shows that there is an increase in student’s learning outcome. It can be seen from the result found in each cycle before given the treatment where there are 38% of students passed the minimum passing criteria (60). After treatment was given in cycle I and II, the student’s learning outcome increased significantly from 66% to 89%. Keywords: Learning Achievement, TPS Type Of Cooperative Learning Model