Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Siswa Kelas V B SDN 012 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Siswa Kelas V B SDN 012 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Siswa Kelas V B SDN 012 Tarakan

Pengarang : Tri Wahyudi Prasetio - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada materi perjuangan melawan penjajahan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Script di kelas V B SDN 012 Tarakan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus, masingmasing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar aktivitas pengamatan guru dalam pengelolaan pembelajaran.
Rata-rata hasil belajar mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Maka, presentase keberhasilan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 73% meningkat menjadi 85% pada siklus II.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Script pada materi perjuangan melawan penjajahan di kelas V B SDN 012 Tarakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Script

Class Action Research (PTK) aims to improve learning outcomes IPS on the material struggle against the occupation by using cooperative learning model in the class VB Script Cooperative SDN 012 Tarakan. Class Action Research (PTK) conducted in two cycles, each consisting of four stages: planning, action, observation / observation and reflection. Data collection instruments used were a test result or learning, observation of student activity sheets and sheets of observation activity of teachers in the management of learning. On average learning outcomes has increased form cycle I to cycle II. Thus, the percentage of success in the classical study in the first cycle by 73% rising to 85% in the second cycle. Conclusion Class Action Research (PTK) is the use of cooperative learning model Cooperative Script on the material struggle against colonialism in class VB 012 Tarakan SDN can improve student learning outcomes. Keywords: Learning Outcomes, IPS, Cooperative Learning Model Type Cooperative

Detail Informasi