Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Area Berhitung Matematika Dengan Menggunakan Media Gambar Berbantuan Kartu Di Kelompok B1 TK Negeri Pembina I Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Area Berhitung Matematika Dengan Menggunakan Media Gambar Berbantuan Kartu Di Kelompok B1 TK Negeri Pembina I Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Area Berhitung Matematika Dengan Menggunakan Media Gambar Berbantuan Kartu Di Kelompok B1 TK Negeri Pembina I Tarakan

Pengarang : Supranti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa di area berhitung matematika dengan menggunakan media gambar berbantuan kartu di kelompok B1 TK Negeri Pembina I Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di TK Negeri Pembina I Tarakan pada semester II tahun pembelajaran 2014/2015. Subjek penelitian adalah siswa kelompok B1 TK Negeri Pembina I Tarakan yang berjumlah 25 siswa. Terdiri dari siswa laki-laki berjumlah 11 dan perempuan berjumlah 14 siswa.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian untuk memperoleh data adalah lembar pengamatan kegiatan siswa, lembar pengamatan kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media gambar berbantuan kartu dapat meningkatkan hasil belajar area berhitung matematika siswa kelompok B1 TK Pembina Negeri I Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus yang meningkat. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Area Berhitung Matematika, Kartu Bergambar

The purpose of this research is to improve students learning outcomes in mathematics counting area by using flash cards in group B1 TK Negeri Pembina I Tarakan. The type of the research used by the researcher was Classroom Action Research (CAR) which was held in TKN Pembina I Tarakan in the second semester of learning year 2014/2015. The subjects were students in group B1 TK Negeri Pembina I Tarakan. The total of the sample was 25 students, consist of 11 boys and 14 girls. This study was conducted in two cycles and each cycle consisted of 2 meetings. The procedure of each cycle consisted of planning, implementation, observation, and reflection. The research instruments which was used to collect the data was the observation sheet of students’ activities, the observation sheet of teacher’s activities, and cognitive aspect assessment (achievement test). The result of the research showed that by using flash cards could improve learning outcomes of students in mathematics counting area in group B1 TK Negeri Pembina I Tarakan. It could be seen from the results obtained in each cycle was increased. Thus, it could be said that the research has been successful and in accordance with the indicators of success. Keywords: Learning Outcome, Mathematics Counting Area, Flash Cards

Detail Informasi