
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Pengalamanku Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Di Kelas III-B SDN 005 Tarakan
Pengarang : Sulistyo Imam Kurniawan - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar pada tema Pengalamanku dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di Kelas III-B SDN 005 Tarakan.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan empat (4) tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pelaksanaan model kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) diawali dengan penyampaian tujuan pembelajaran, penyampaian materi, kegiatan kelompok, kuis dan penghargaan kelompok.
Pada siklus I hasil belajar ranah kognitif mencapai ketuntasan 64% dari 25 siswa, ranah afektif 32% siswa mencapai nilai kategori minimal baik, sedang pada ranah psikomotorik mencapai 52% siswa mencapai nilai dengan kategori minimal baik. Pada siklus II terjadi peningkatan, hasil belajar ranah kognitif mencapai 88% dari 25 siswa, pada ranah afektif mencapai 88% siswa dengan nilai kategori minimal baik dan ranah psikomotorik mencapai 80% siswa juga mencapai nilai dengan kategori minimal baik.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Student Teams Achievement Division (STAD), Tematik
The purpose of this research is to improve learning outcomes on the theme of experience with using cooperative learning model Student Teams Achievement Division (STAD) in Class III-B SDN 005 Tarakan. Classroom action research was conducted in two cycles with four (4) phases: planning, implementation, observation and reflection. Implementation of the cooperative model Type Student Teams Achievement Division (STAD) begins with the delivery of learning objectives, delivery of material, group activities, quizzes and group awards. In the first cycle cognitive learning outcomes achieve mastery 64% of the 25 students, 32% of students' affective domain reaches a minimum value of either category, being the psychomotor domain of reaching 52% of students achieving good grades with minimal category. In the second cycle increased, cognitive learning outcomes reached 88% of the 25 students, the affective domain reaches 88% of students with good grades and a minimum category psychomotor domain reaches 80% of students also achieve good grades with minimal category. Keywords: Learning Outcomes, Model Student Teams Achievement Division (STAD), Thematic