Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Keanekaragaman Kenampakan Alam Menggunakan Metode Diskusi Berbantuan Media Gambar Di Kelas VI-B SDN 006 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Keanekaragaman Kenampakan Alam Menggunakan Metode Diskusi Berbantuan Media Gambar Di Kelas VI-B SDN 006 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Keanekaragaman Kenampakan Alam Menggunakan Metode Diskusi Berbantuan Media Gambar Di Kelas VI-B SDN 006 Tarakan

Pengarang : Sapjuandi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Judul penelitian ini adalah Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Keanekaragaman Kenampakan Alam Menggunakan Metode Diskusi Berbantuan Media Gambar Di Kelas VI-B Sdn 006 Tarakan.
Tujuan Penelitianini Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Keanekaragaman Kenampakan Alam Menggunakan Metode Diskusi Berbantuan Media Gambar Di Kelas VI-B Sdn 006 Tarakan Penelitian ini dilaksanakan pada bulan oktober pada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015, dimana pada siklus I. Jumlah keseluruhan siswa dalam kelas 34 siswa, siswa laki-laki sebanyak 16 orang dan siswa perempuan sebanyak 18 orang. Desain penelitian ini sesuai dengan desain penelitian yang dikembangkan Suharsimi Arikunto terdiri 4 fase yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian pada penelitian ini ditunjukan dalam persentase, dimana sebelum melaksanakan penelitian ini ketuntasan hasil belajar siswa yang tuntas sebesar 38%. Setelah dilaksanakan penelitian ini ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I pada aspek kognitif sebesar 85%, aspek afektif sebesar 97%, dan aspek psikomotor sebesar 88%.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Diskusi Dan Media Gambar

This research title is Improve Learning Outcomes on IPS Matter in chapter of Natural Appearance Diversity Discussion Using Assisted Method with Images Media in Class VI-B of Elementary School 006 Tarakan. This research aims are to improve learning IPS Matter in chapter of Natural Appearance Diversity Discussion Using Assisted Method with Images in class VI-B of Elementary School 006 Tarakan. This research according to the research design that developed by Suharsimi Arikunto which consists of four phases: planning, implementation, observation, and reflection. The research result is shown as a percentage. Completeness of student learning outcomes before this research was carried out is 38%. After Having carried out the research, completeness of student learning outcomes in the first cycle is 85% in the cognitive aspects, 97% in affective aspects, and 88% in psychomotor aspects. Keywords: Learning Outcomes, Assisted Method and Images Media

Detail Informasi