
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Materi Mengenal Benua Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas VI-F SDN 029 Tarakan
Pengarang : Sabriani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ips pada materi mengenal benua dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas VI-F SDN 029 Tarakan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdapat 3 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan dan pelaporan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian psikomotorik siswa, lembar penilaian afektif siswa, dan lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar aktivitas pengamatan guru dalam pengelolaan pembelajaran.
Rata-rata hasil belajar pada aspek psikomotorik untuk semua aspek yang diperoleh siswa pada siklus I ke siklus II meningkat sebesar 8,13 dan afektif meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 14,80. Sedangkan rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif meningkat dari siklus I ke siklus II. Maka, presentase keberhasilan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 66,67% meningkat menjadi 80% pada siklus II.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi mengenal benua di kelas VI-F SDN 029 Tarakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Classroom Action Research (CAR) aims to improve learning outcomes ips on the continent know the material using a jigsaw cooperative learning model in class VI - F SDN 029 Tarakan. Classroom Action Research (CAR) conducted in two cycles, each consisting of four stages: planning, action, observation / observation and reflection. Data collection techniques used there are three stages, namely preparation, execution and reporting. Data collection instruments used were a test of learning outcomes, student assessment sheets psychomotor, affective student assessment sheets, and observation of student activity sheets and sheets of teacher observation activities in the management of learning. The average results for the psychomotor aspects of learning on all aspects of the student obtained in the first cycle to the second cycle increased by 8.13 and affective increased from the first cycle to the second cycle of 14.80. While the average results on the cognitive aspects of learning increased from the first cycle to the second cycle. Thus, the percentage of success in the classical learning in the first cycle of 66.67 % increased to 80 % in the second cycle. Conclusion Classroom Action Research (CAR) is the use of cooperative learning model jigsaw on the continent know the material in class VI - F SDN 029 Tarakan can improve student learning outcomes. Keywords: Learning Outcomes, IPS, Jigsaw Cooperative Learning Model