Penerapan Model Pembelajaran CTL Mengunakan Pendekatan Scientific Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Pada Siswa Kelas V-B Di SDN 016 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran CTL Mengunakan Pendekatan Scientific Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Pada Siswa Kelas V-B Di SDN 016 Tarakan

Penerapan Model Pembelajaran CTL Mengunakan Pendekatan Scientific Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Pada Siswa Kelas V-B Di SDN 016 Tarakan

Pengarang : Oktober Lengkan - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Judul penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran CTL Mengunakan Pendekatan Scientific Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas V-B Di SDN 016 Tarakan.
Tujuan Penelitian ini Penerapan Model Pembelajaran CTL Mengunakan Pendekatan Scientific Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Pada Siswa Kelas V-B Di SDN 016 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan oktober pada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015, dimana pada siklus I dilaksanakan pada tanggal 17 oktober dan 18 oktober 2014, dan siklus II dilaksanakan pada tanggal 23 oktober dan 24 oktober 2014. Jumlah keseluruhan siswa dalam kelas 26 siswa, siswa laki-laki sebanyak 17 orang dan siswa perempuan sebanyak 9 orang. Desain penelitian ini sesuai dengan desain penelitian yang dikembangkan Suharsimi Arikunto terdiri 4 fase yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian pada penelitian ini ditunjukan dalam persentase, dimana sebelum melaksanakan penelitian ini ketuntasan hasil belajar siswa yang tuntas sebesar 35%. Setelah dilaksanakan penelitian ini ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I pada aspek kogniti fse besar 62%, aspek afekti fse besar 58%, dan aspek psikomotor sebesar 54%. Kemudian pada siklus II ketuntasan hasil belajar pada siklus II pada aspek kogniti fse besar 81%, aspek afektif sebesar 77%, dan aspek psikomotorse besar 88%.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran CTL dan Pendekatan Scientific

The title of this research is Application of learning model CTL using a scientific approach in Fifth Grade Students (V-B) Improving students' achievement of PKn Class At SDN 016 Tarakan. The objective of this research is to Application of learning model CTL using a scientific approach in Fifth Grade Students (V-B) Improving students' achievement of PKn Class At SDN 016 Tarakan. This research was conducted on October, first semester Academic Year 2014/2015, which cycle I was conducted on 16th October and 17th October 2014, and cycle II was conducted on 23th October and 24th October 2014. The class consisting of 26 students, male students are 17 and female students are 9. The design of this research based on the research was develop by Suharsimi Arikunto consists of planning, implementing, observing and reflection. The results of this research were showed by percentage, which previous result study, there were 35% students who achieve the minimum of criteria. After this research conducted, in cycle I result study of students on aspect of cognitive was 62%, aspect of affective was 58% and aspect of psychomotor 54%. Then in cycle II result study of students on aspect of cognitive was 81%, aspect of affective was 77% and aspect of psychomotor 88%. Keywords: Learning Achievement, Learning Model CTL and Scientific Approach

Detail Informasi