
Meningkatkan Hasil Belajar Anak TK Dalam Mengenal Huruf Awal Dari Nama-Nama Benda Dengan Menggunakan Media Gambar Berbantuan Kartu Huruf Di Kelompok A TKN Pembina I Tarakan
Pengarang : Nuryani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar anak TK dengan menggunakan media gambar berbantuan kartu huruf di kelompok A TKN Pembina I Tarakan.Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di TKN Pembina I Tarakan pada semester II tahun pembelajaran 2014/2015. Subjek penelitian adalah anak kelompok A TKN Pembina I Tarakan yang berjumlah 20 anak, terdiri dari anak laki-laki berjumlah 7 anak dan perempuan berjumlah 13 anak.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian untuk memperoleh data adalah lembar pengamatan kegiatan anak, lembar pengamatan kegiatan guru, penilaian berbahasa (tes hasil belajar).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media gambar berbantuan kartu huruf dapat meningkatkan hasil belajar anak kelompok A TKN Pembina I Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus yang meningkat. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Kata Kunci: Huruf Awal, Nama Benda, Kartu Bergambar
The purpose of this research is to improve the learning outcomes of kindergarten children by using flash cards consist of letters in group A TKN Pembina I Tarakan. The type of the research used by the researcher was Classroom Action Research (CAR) which was held in TKN Pembina I Tarakan in the second semester of learning year 2014/2015. The subjects were children in group A TKN Pembina I Tarakan. The total of the sample was 20 children, consist of 7 boys and 13 girls. This study was conducted in two cycles and each cycle consisted of 2 meetings. The procedure of each cycle consisted of planning, implementation, observation, and reflection. The research instruments which were used to collect the data was the observation sheet of children’s activities, the observation sheet of teacher’s activities, and language assessment (achievement test). The result of the research showed that by using flash cards consist of letters could improve learning outcomes of children in group A TKN Pembina I Tarakan. It could be seen from the results obtained in each cycle was increased. Thus, it could be said that the research has been successful and in accordance with the indicators of success. Keywords: Initial, Object’s Name, Flash Cards