Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Model Pembelajaran Time Token Pada Siswa Kelas III-A SD Negeri 043 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Model Pembelajaran Time Token Pada Siswa Kelas III-A SD Negeri 043 Tarakan

Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Model Pembelajaran Time Token Pada Siswa Kelas III-A SD Negeri 043 Tarakan

Pengarang : Nurul Fitrianah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Peneltian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia menggunakan model pembelajaran time token pada siswa kelas III-A SD Negeri 043 tarakan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, mulai tanggal 23 April sampai dengan 30 Mei 2015. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IIIA SD Negeri 043 Tarakan dengan jumlah 32 siswa.
Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: Hasil belajar siswa dalam 3 aspek yaitu hasil belajar bahasa Indonesia aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif serta hasil pengamatan aktivitas siswa dan guru. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan yaitu pada siklus I diperoleh tingkat ketuntasan secara klasikal pada aspek kognitif 71.9%, psikomotorik 62.5% dengan kategori baik, afektif 56.3% dengan kategori cukup, aktivitas belajar siswa memperoleh persentase 59% dengan kategori cukup, dan aktivitas guru pada proses pembelajaran di kelas mencapai rata-rata 71.9 dengan kategori baik. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan aspek kognitif 87.5%, psikomotorik 78.1% dengan kategori sangat baik, afektif 84.4% dengan kategori sangat baik, aktivitas belajar siswa memperoleh persentase 78% dengan kategori baik, dan aktivitas guru pada proses pembelajaran di kelas mencapai rata-rata 88.6 dengan kategori sangat baik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelejaran time token dapat meningkatkan hasil belajar kemampuan berbicara pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada kelas III-A SD Negeri 043 Tarakan.

Kata Kunci: Berbicara Bahasa Indonesia SD, Time Token

Research design of this research was classroom action research. This research aims to improve speaking ability Indonesia language using time token model on the Students of Class III-A in SD Negeri 043 Tarakan. This research was conducted in two cycles; it was from 23rd April until 30th 2015. Subject of this research was 32 students of class III-A in SD Negeri 043 Tarakan. Data collection in this research involve students’ result in three aspects, namely learning result of Indonesia language on cognitive aspect, psychomotor aspect, and affective aspect as well as observation result of students’ and teacher’s activity. Based on the result of this research conducted on the cycle I, it was gained passing level classically on the cognitive aspect 71.9%, psychomotor 62.5% with good category, affective 56.3% with sufficient category, students’ activity gained 59% with sufficient category, and teacher’s activity in learning process in the classroom gained average 71.9 with good category. On the cycle II, it was gained passing level of cognitive aspect 87.5%, psychomotor 78.1% with good category, affective 84.4% with very good category, students’ learning activity gained 78% with good category, and teacher’s activity in learning process gained average 88.6 with very good category. Based on the result of this research, it can be concluded that time token model can improve learning result of speaking ability Indonesia language on the class III-A SD Negeri 043 Tarakan. Keywords: Speaking Indonesia Language in Elementary School, Time Token

Detail Informasi