
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PKn Materi Struktur Pemerintahan Kecamatan Dengan Menggunakan Media Berbasis TIK Di Kelas IV SDN 038 Tarakan
Pengarang : Mohammad Ulum - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan di SDN 038 Tarakan pada semester I tahun pembelajaran 2013/2014, dengan subyek penelitian adalah kelas IV SDN 038 Tarakan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn dengan menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus di mana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 58, pada siklus II meningkat menjadi 84,5. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran pada p proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 038 Tarakan.
Classroom action reseach (PTK) SDN 038 Tarakan implemented in the first half year 2013/2014 study, the reseach subject is class IV SDN 038 Tarakan. This study aims to improve learning outcomes PKn using instructional media. This study was conducted in two cycle where each cycle consists of 2 meeting, based on the results obtained from the data on the first cycle of the average value of student learning outcomes by 58. On the second cycle increased to 84,5. It can be said that the reseach has been succesfull and accordance with indikator succes. Based on the results of this study concluded that the use of instructional media in the learning process can improve student learning outcomes SDN 038 Tarakan fourth grade.