
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Siswa Kelas III SDS Yaditra Tarakan
Pengarang : Mirayanti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran CTL materi Lingkungan Alam di kelas III-B SDS YADITRA Tarakan tahun pembelajaran 2015 / 2016. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 13 Agustus 2015 – 18 Agustus 2015. Terdiri dari 2 siklus, dan dalam satu siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III-B SDS YADITRA Tarakan 2015 tahun pembelajaran 2015 / 2016 dengan jumlah 25 siswa. Fokus penelitian ini adalah hasil belajar siswa setelah menggunakan model CTL. Data dikumpulkan setiap siklus melalui observasi dan tes hasil belajar.
Nilai hasil belajar sebelum penelitian mencapai ketuntasan belajar dibawah KKM 64. Peningkatan nilai hasil belajar sesudah penelitian siklus I 36% atau 9 siswa yang tuntas, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan 80% atau 20 siswa yang tuntas. Peran aktif siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan model CTL ini sangat baik sehingga terjadi peningkatan dari setiap siklus dengan indikator keberhasilan yang ditentukan adalah 70%.
Ranah afektif pada siklus I 32% atau 8 siswa yang tuntas kemudian pada siklus II meningkat menjadi 96% atau 24 siswa yang tuntas. Ranah psikomotorik pada siklus I 20% atau 5 siswa yang tuntas kemudian meningkat menjadi 100% atau 25 siswa yang tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model CTL dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan di kelas III-B SDS YADITRA Tarakan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Contextual Teaching and Learning (CTL)
The aim of this research is to increase the result of learning social science topic of Result Environmentally Natur using CTL Learning Model at SDS YADITRA Tarakan. This is a classroom action research which was from August 13 to 18,2015. This research consisted of two cycles, each cycle consisted of two meetings. The research subject were 25 pupils of grade III-B at SDS YADITRA Tarakan. The research was focused on the learners’ learning results after they were taught using the CTL model. The data were collected through observation and tests. The accomplishment level before the treatment was 70. In cycle 1 the accomplishment level was 36% (9 pupils), and the level reached 80% (20 pupils) in cycle 2. The learners’ active participation during the treatment period contributed to the achievement increase. For affective aspect the accomplishment level was 32% (8 pupils) in cycle 1 and became 96% (24 pupils) in cycle 2. For psychomotor aspect the accomplishment level was 20% (5 pupils) in cycle 1 and became 100% (25 pupils) in cycle 2. The results indicated that the use of CTL Learning Model was successful in improving the learners’ achievements in learning social sciences. Keywords: Learning Achievement, Contextual Teaching and Learning (CTL) Model