Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Siswa Kelas III-B SDN 043 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Siswa Kelas III-B SDN 043 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Siswa Kelas III-B SDN 043 Tarakan

Pengarang : Magfirah Rezki Aziza - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Subjek penelitian tindakan kelas (PTK) siswa kelas III-B SDN 043 Tarakan. Jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa pilihan ganda yang telah di uji validitasnya dan juga observasi untuk pengamatan aktivitas siswa dan aktivitas guru.
Berdasarkan hasil diperoleh nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I 63% menjadi 86% dengan menerapkan model CTL dan aktivitas dalam pembelajaran menjadi meningkat dari siklus I ke siklus 2. Kesimpulan penelitian tindakan kelas ini adalah mampu meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas III-B SDN 043 Tarakan.

Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Model Contextual Teaching And Learning

This reasearch done to improve Social science’s learning result. The subject for Classroom Action Research (PTK) are students from class III-B SDN 043 Tarakan. Research method for classroom action research done in two cycles for stages, they are planning, action, observation, and reflection. The instrument that being used are multiple choice test result that already validity tested and also observation to students and teachers activity. Based on the results, we see that average score of learning result in the first cycle from 63% to 86 % by the implementation of CTL model and the activity in learning activity improved from the first to second cycle. Keywords: Learning Result IPS, Contextual Teaching and Learning Model

Detail Informasi