
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Arias Berbantuan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas IV-A SDN 009 Tarakan
Pengarang : Lita Maya Wulandari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan model ARIAS berbantuan media audio visual pada siswa kelas IV-A SDN 009 Tarakan.
Jenis Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 009 Tarakan pada semester I tahun ajaran 2015/2016, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV-A SDN 009 Tarakan yang berjumlah 34 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 18 siswa dan perempuan berjumlah 16 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi (pengamatan) dan refleksi. Instrument penelitian untuk memperoleh data adalah lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, tes hasil belajar (aspek kognitif), lembar penilaian aspek psikomotorik, dan lembar penilaian aspek afektif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Hasil belajar matematika sebekum peneliti diperoleh rata-rata 59,29 dengan ketuntasan klasikal 25% dan setelah diberikan tindakan pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif dengan rata-rata 63,91 dengan ketuntasan klasikal 64,7% pada siklus II meningkat dengan rata-rata 83,61 dengan ketuntasan klasikal mencapai 85,3%. Ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif pada siklus I dengan rata-rata 69,73 dengan ketuntasan klasikal 73,5% denagan kriteria baik dan pada siklus II meningkat dengan rata-rata 77,32 dengan ketuntasan klasikal mencapai 91,2% denagan kriteria sangat baik. Kemudian ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik pada siklus I dengan rata-rata 71,32 dengan ketuntasan klasikal 61,8% denagan kriteria cukup pada siklus II meningkat dengan rata-rata 79,58 dengan ketuntasan klasikal mencapai 91,2% denagan kriteria sangat baik. maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model ARIAS, dan Media Audio Visual
The objective of the research is to improve learning outcome on Mathematic by using ARIAS Model with audio visual media assisted at grade IV-A students of SDN 009 Tarakan. The design of the research that used by the researcher is Classroom Action Research (CAR) which was conducted at SDN 009 Tarakan on the first semester, academic year of 2015/2016. The subject of the research is grade IV-A students of SDN 009 Tarakan that consist of 34 students with 18 male students and 16 female students. The research was conducted in 2 cycles in which each cycle consists of 2 meetings. The procedures of each meeting consist of planning, implementation, observation, and reflection. The instrument of collecting data is observation sheet of students’ activity, observation sheet of teacher’s activity, test (cognitive aspect), evaluation sheet of psychomotor aspect and evaluation sheet of affective aspect. The finding of the research shows that students’ learning outcome was improved. The average score of students’ learning outcome before the CAR is implemented is 59,29 with 25% classical completeness while after the CAR is implemented in cycle I, the students’ average score of cognitive aspect is 63,91 with 64,7% classical completeness. In the cycle II, the average score is increased to 83,61 with 85,3% classical completeness. The average score of students’ learning outcome completeness of affective aspect in the cycle I is 69,73 with 73,5% classical completeness and categorized into good criteria. The average score is increased to 77,32 in cycle II with 91,2% classical completeness and categorized into very good criteria. The average score of students’ learning outcome completeness of psychomotor aspect in cycle I is 71,32 with 61,8% classical completeness and categorized into fair criteria. The average score is also increased to 79,58 in cycle II with 91,2% classical completeness and categorized into very good criteria. Thus, the research is successful and meet the indicator of success. Keywords: Learning Outcome, ARIAS Model, Audio Visual Media