
Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Pembelajaran PJOK Pada Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Di Kelas V SDN Utama 1 Tarakan
Pengarang : Lingga Ayu Wiranti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS yang memiliki validitas, kepraktisan, dan efektifitas yang baik. Penelitian pengembangan ini mengadopsi prosedur 4-D yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop) yang terdiri dari uji validitas, uji kepraktisan dan uji efektifitas. Validasi LKS dilakukan oleh tiga ahli materi, bahasa, dan tampilan. Kepraktisan LKS diuji pada enam siswa kelas V-A. Efektifitas LKS diuji pada siswa kelas V-D yang terdiri dari 33 siswa. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi LKS, lembar kepraktisan LKS dan lembar efektifitas LKS. Semua data yang dikumpulkan dianalisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifannya.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (a) LKS termasuk dalam kategori valid dari aspek materi, bahasa dan tampilan dengan skor rata-rata 74,28. (b) LKS termasuk dalam kategori praktis dengan skor rata-rata 72,56 (c)LKS termasuk dalam kategori sangat efektif dengan skor rata-rata 77,02.
Kata Kunci: Penelitian Dan Pengembangan, LKS, Prosedur 4-D, PJOK
This research aims to result Student Worksheet that has validity, practicability, and good effectiveness. This research was Research and Development with adopt procedure 4-D which is Define, Design, Develop, And Disseminate consisting of validity, practicality and effectiveness test. Validate of student worksheets was done by three experts: material expert, construction expert, and layout expert. The practicality of student worksheets was tested at six students of grade V-A SDN Utama 1 Tarakan. Effectiveness of student worksheets was tested at student in grade V-D amount 33 students. The instrument of this research is validation sheet of student worksheet, practicality sheet of student worksheet and effectiveness sheet of student worksheet. All collected were analyzed the validity, practicality, and effectiveness. This result showed that: (a)Student worksheet included in the category of valid from aspect of material, language and layout with average score 74,8. (b). Student worksheet included in the category of practice with average score 72,56 (c) Student worksheet included in the category of very effective with average score 77,02. Keywords: Research and Development, Student Work Sheet (LKS), Procedure 4-D, PJOK