Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz Berbantuan Media Visual Di Kelas IV SDN 010 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz Berbantuan Media Visual Di Kelas IV SDN 010 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz Berbantuan Media Visual Di Kelas IV SDN 010 Tarakan

Pengarang : Lia Widyastuti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi Kenampakan Alam dan Pengaruhnya terhadap Sosial dan Budaya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz di kelas IV-I SDN 010 Tarakan.
Dalam pelaksanaan penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Bentuk tes berupa soal pilihan ganda dan bersifat individu. Soal disesuaikan dengan tujuan instruksional khusus yang telah dirumuskan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-I SDN 010 Tarakan dengan jumlah siswa 25 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif (sikap siswa) dan kuantitatif (nilai hasil belajar siswa).
Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPS siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz pada materi Kenampakan Alam dan Pengaruhnya terhadap Sosial dan Budaya. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 72% pada siklus I menjadi 88% pada siklus II. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa tingkat penguasaan siswa dapat dikategorikan baik sekali.

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Team Quiz

This objective of this research is to improve students’ learning achievement in Social Science subject‘s material of natural appearance and its influence towards social and culture through Cooperative learning model type Team Quiz at class IV-I SDN 010 Tarakan. In conducted this research, the researcher used Clasroom Action Research (CAR) design with two cycles. The test instrument was in the form of individual multiple choice. The question were suited with its special instructional objective which has been formulated. The subjects of this research were 25 students of class IV-I SDN 010 Tarakan. Tehnique of data analysis used in this research were qualitative data (students’ attitudes) and quantitative (students’ learning achievements). The analysis result showed that there was improvement in students Social Science learning achievement through the application of Cooperative Learning model Type Team Quiz at subject’s material of Natural Appreance and its influene towards social and culture. The average result of students’ achievement improves from 72% at cycle to 88% at cycle II. That improvement that students’ mastery level could be categorized as very good. Keywords: Learning Achievement, Social Science, Team Quiz

Detail Informasi