
Penerapan Model Pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV Di SDN 031 Tarakan
Pengarang : Juliyanti Sartina - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi kerangka tubuh manusia menerapkan model pembelajarn siklus belajar (learning cycle) di kelas IV-B SDN 031 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 031 Tarakan pada semester II tahun 2015/2016, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV-B SDN 031 Tarakan yang berjumlah 20 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 12 siswa dan perempuan berjumlah 8 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Prosedur setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, penilaian aspek kognitif yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda (tes hasil belajar), aspek afektif (sikap), dan aspek psikomotorik (presentasi kelompok).
Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa materi kerangka tubuh manusia di kelas IV-B SDN 031 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar kognitif siswa adalah dan setelah diberikan tindakan pada siklus I ketuntasan hasil belajar kognitif siswa menjadi 35% pada siklus II meningkat menjadi 80%. Ketuntasan hasil belajar aspek afektif siswa siklus I 65% pada siklus II meningkat menjadi 85%. Kemudian hasil belajar aspek psikomotorik siswa siklus I 50% pada siklus II meningkat menjadi 80%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Kata Kunci: lmu Pengetahuan Alam (IPA), Hasil Belajar Dan Model Pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle)
The purpose of this research is to improve learning outcomes material science human skeleton applying the learning model cycle of learning (learning cycle) in class IV-B SDN 031 Tarakan. This type of research used by the research is the Classroom Action Research (CAR) held in SDN 031 Tarakan in second semester of the year 2015/2016, the research subjects were students of class IV-B SDN 031 Tarakan totaling 20 students consist of 12 male students and 8 female students. This study was conducted in two cycles each cycle consisting of 3 meetings. The procedure of each cycle consisting of planning, action, observation and reflection. Data obtained in this research include teacher observation sheet activities, observation of student activity sheets, assessment cognitive aspect which consists of 10 multiple choice questions (test result of learning), affective (attitude), and psychomotor aspects (group presentations). The results showed that by applying the learning model cycle of learning (learning cycle) can increase student learning outcomes IPA human skeleton material in class IV-B SDN 031 Tarakan. It can be seen from the results obtained in each cycle, before the given action is mastery learning students' cognitive and after being given the action in the first cycle completeness cognitive learning outcomes of students to 35% on the second cycle increased to 80%. Completeness affective aspects of students' learning outcomes first cycle of 65% on the second cycle increased to 85%. Then the learning outcomes of student's psychomotor aspects of the first cycle of 50% on the second cycle increased to 80%. It can be said that the research has been successful and in accordance with the indicators of success. Keywords: Natural Science (IPA), Results Of Learning, Learning Cycle Model Of Learning (Learning Cycle)