
Meningkatkan Hasil Belajar PKN Pada Materi Organisasi Di Lingkungan Sekolah Dan Masyarakat Melalui Pendekatan PAKEM Di Kelas V-C SDN 041 Tarakan
Pengarang : Juli Ciny - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan penerapan pendekatan PAKEM meningkatkan hasil belajar siswa materi organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat melalui pendekatan PAKEM di SDN 041 Tarakan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa metode dokumentasi, metode tes, dan observasi.
Hasil belajar dapat ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan PAKEM. Hal ini ditunjukkan oleh hasil pengamatan pada siklus I persentasenya adalah 45,83% kemudian meningkat menjadi 62 % pada siklus II.
Tes hasil belajar PKn pada siklus I di peroleh rata-rata yakni 73.8% dan pada siklus II 79.7% sehingga terjadi peningkatan mencapai 5.9% yang dinilai berdasarkan empat indikator yang membentuk motivasi hasil belajar siswa, pada siklus I siswa yang telah mencapai KKM sebanyak 24 siswa dari 33 siswa sehingga jika di persentasinya jumlah ketuntasannya hanya mencapai 77.73%, namun pada siklus II siswa yang telah mencapai KKM sebanyak 30 siswa dari 33 siswa sehingga jika di persentasinya jumlah ketuntasannya telah mencapai 90.91% sehingga dapat di simpulkan bahwa penggunaan pendekatan PAKEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V-C di SDN 041 Tarakan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, PKn, Pendekatan PAKEM
Tidak Tersedia Deskripsi