Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menerapkan Pendekatan Scientific Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas IV-B SDN 031 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menerapkan Pendekatan Scientific Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas IV-B SDN 031 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menerapkan Pendekatan Scientific Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas IV-B SDN 031 Tarakan

Pengarang : Juemi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menerapkan pendekatan Scientific menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada siswa kelas IV-B SDN 031 Tarakan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Observasi hasil belajar sebelum penelitian, dari 24 siswa hanya 4 siswa (16,66%) yang tuntas belajar dan 20 siswa (83,4%) belum tuntas belajar. Siklus I menunjukkan aktivitas mengajar guru masih berada pada nilai 69,2 dengan kriteria cukup, sedangkan hasil belajar siswa pada ranah pengetahuan menunjukkan 16 siswa (66,66%) mencapai nilai KKM  70, pada ranah sikap rata-rata 41,66% siswa mencapai nilai dengan kriteria baik, dan pada ranah keterampilan rata-rata 64,58% siswa mencapai nilai dengan kriteria baik. Siklus II menunjukkan aktivitas mengajar guru mencapai nilai 88,5 dengan kriteria sangat baik, sedangkan hasil belajar siswa ranah pengetahuan meningkat menjadi 20 siswa (83,33%) mencapai nilai KKM  70, pada ranah sikap rata-rata 89,58% siswa mencapai nilai dengan kriteria minimal baik, dan pada ranah keterampilan 87,5% mencapai nilai dengan kriteria minimal baik.
Kesimpulan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah hasil belajar IPS siswa kelas IV-B SDN 031 Tarakan dapat ditingkatkan dengan penerapan pendekatan Scientific menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendekatan Scientific, Model Make A Match

This research aims to improve learning outcomes IPS by applying scientific approach using cooperative learning model make a match in class IV-B SDN 031 Tarakan. This classroom action research conducted in two cycles with four stages: planning, implementation, observation, and reflection. Observation of learning outcomes before the study, of the 24 students only 4 students (16,66%) were thoroughly studied and 20 students (83,4%) have not been thoroughly studied. I showed activity cycle is still teacher teaching on the value of 69,2 with sufficient criteria, while the student learning outcomes in the realm of knowledge showed 16 students (66,66%) reached the KKM  70, in the realm of attitudes on average 41,66% of students achieve better value criteria, and in the realm of the average skills 64,58% of students achieving good value criteria. Cycle II shows the teacher's teaching activity reached a value of 88.5 with the criteria very well, whereas the realm of knowledge of student learning outcomes increased to 20 students (83,33%) reached the KKM  70, in the realm of attitudes on average 89,58% of students achieving good value with the minimum criteria, and in the realm of skills 87,5% achieving better value with the minimum criteria. Conclusion of Class Action Research (PTK) is learning outcomes IPS class IV-B SDN 031 Tarakan can be improved by the application of scientific approach using cooperative learning model make a match. Keywords: Learning Outcomes, Scientific Approach, Model Make A Match

Detail Informasi