Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Mematuhi Keputusan Bersama Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Pada Siswa Kelas V-C SDN 012 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Mematuhi Keputusan Bersama Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Pada Siswa Kelas V-C SDN 012 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Mematuhi Keputusan Bersama Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Pada Siswa Kelas V-C SDN 012 Tarakan

Pengarang : Iskandar - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Judul penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn materi memetuhi keputusan bersama denagan mengunakan model pembelajaran contextual teaching end learning pada siswa kelas V-C SDN 012 Tarakan.
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar PKn materi memetuhi keputusan bersama denagan mengunakan model pembelajaran contextual teaching end learning pada siswa kelas V-C SDN 012 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan juni pada semester genap tahun ajaran 2013/2014, dimana pada siklus I dilaksanakan pada pada tanggal 2 juni dan 5 juni 2014, dan siklus II dilaksanakan pada tanggal 9 juni dan 12 juni 2014. jumlah keseluruhan siswa dalam kelas 26 siswa, siswa laki-laki sebanyak 13 orang dan siswa perempuan sebanyak 13 orang. Desain penelitian ini sesuai dengan penelitian yang dikembangkan Suharsimi Arikunto terdiri 4 fase yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian pada penelitian ini di tunjukan dalam persentase, dimana sebelum melaksanakan penelitian ini ketuntasan hasil belajar siswa yang tuntas sebesar 40%. Setelah dilaksanakan penelitian ini ketuntasan hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus I pada aspek kognitif sebesar 58%, aspek afektif sebesar 65%, dan aspek psikomotor sebesar 69%. Kemudian pada siklus II ketuntasan hasil belajar pada siklus II pada aspek kognitif sebesar 77%, aspek afektif sebesar 85%, aspek psikomotor sebesar 92%.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning

The objective of this research was to improve the students’ achievement of Civic Education Subject in Obeying the Final Decision through Contextual Teaching and Learning at Fifth Grade Students of SDN 012 Tarakan. This research was conducted on June 2015 at the second semester in academic year 2013/2014 which the first cycle was conducted on June 2, 2015 and June 5, 2015. The second cycle was conducted on June 9, 2015 and June 12, 2015. The sample of this research was the students of class V-C with the total of the students were 26 students, 13 male students and 13 female students. The design of this research was Suharsimi Arikunto design which consisted of four phases, they were planning, implementing, observing, and reflecting. The result of this research is shown in the percentage. Before the researcher conducts the research, the students’ achievement in passing grade is 40% in all aspect. After the researcher conducts the research, the students’ achievements in passing grade in first cycle are being improved to 58% for cognitive aspect, 65% for affective aspect, and 69% for psycomotoric aspect. Then in the second cycle the students’ achievements in passing grade are 77% for cognitive aspect, 85% for affective aspect, and 92% for psychometric aspect. Keywords: Learning Achievement, Learning Model, Contextual Teaching and Learning

Detail Informasi