Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Kelas V SDK St Fransiskus Xaverius Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Kelas V SDK St Fransiskus Xaverius Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Kelas V SDK St Fransiskus Xaverius Tarakan

Pengarang : Inah Wahyumi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Di SDK ST Fransiskus Xaverius Tarakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan media gambar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang terdiri dari 29 orang siswa dengan rincian perempuan 14 siswa dan laki-laki 15 orang siswa.
Penelitian ini memakai model penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu ragam penelitian kelas, yang dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalah-masalah pelajaran yang dihadapi oleh guru, untuk memperbaiki mutu dan hasil pelajaran. Desain penelitian ini terdiri dari perencanaan, tindakan observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Metode yang digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe make a match.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai ketuntasan pada siklus I 41,37 dan pada siklus II sebesar 86,20, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan media gambar pada siswa kelas V Sdk St Fransiskus Xaverius Tarakan mengalami peningkatan setelah pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan media gambar. Untuk itu disarankan dalam proses belajar mengajar menggunakan model pembelajaran yang tepat dan media yang tepat untuk setiap pembelajaran agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Gambar, Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Make A Match

The aim of the study is to improve students’ achievement of IPS through cooperative learning of make a match model in SDK ST Fransiskus Xaverius Tarakan. This study was classroom action research. The subject in this study was fifth grade students, they were 29 students. It consists of 14 female students and 15 male students. This Classroom Action Research used to problem solving faced by teacher and to improve students’ achievement. The steps in this study were planning, implementing, observing, and reflecting. The study had two cycles. The method in this study was cooperative learning of make a match model. The result of this study were the score of completeness in first cycle was 41.37 and 86.20 in second cycle. It indicates that the students’ achievement was raising and priding by using cooperative learning method. By understanding the result of this study, it can be concluded that improving the students’ achievement of IPS through cooperative learning of make a match to get maximum score. Keywords: Students’ Achievement, Cooperative Learning, Make A Match

Detail Informasi