
Meningkatkan Pemahaman Kosakata Siswa Tuna Rungu Kelas IV SDLB Kasih Bahagia Tarakan Dengan Menggunakan Media Kartu Gambar
Pengarang : Henie Handrianie - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas IV SDLB Kasih Bahagia Tarakan ditemukan adanya permasalahan, yaitu lain 1) penggunaan metode konvensional/pembelajaran berpusat pada guru dan 2) siswa kesulitan dalam memahami kosakata pembelajaran Bahasa Indonesia.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan pemahaman kosakata siswa dengan penerapan media kartu gambar di kelas IV SDLB Kasih Bahagia Tarakan. Subjek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah siswa tunarungu kelas IV SDLB Kasih Bahagia Tarakan yang berjumlah 2 siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi.
Hasil pemahaman kosakata pada siklus 1 dengan inisial AK memperoleh nilai 70 dan siklus II memperoleh nilai 88 sedangkan inisial BE memperoleh nilai 70 dan siklus II memperoleh nilai 80. PTK ini adalah dengan penerapan media kartu gambar di kelas IV SDLB Kasih Bahagia Tarakan.
Kesimpulan dari penelitian Tindakan Kelas ini adalah penelitian dengan menggunakan media kartu gambar kelas IV SDLB Kasih bahagia Tarakan meningkatkan hasil belajar pada materi pantun.
The based on observations in grade IV SDLB Kasih Bahagia Tarakan find any problems, that is another 1) the use of conventional methods / teacher centered learning and 2) students' difficulties in understanding vocabulary learning Indonesian. The purpose of this study to determine the students' understanding of the vocabulary improvement with the application of media images in fourth grade card SDLB Kasih Bahagia Tarakan. Subject Classroom Action Research is the fourth grade deaf students SDLB Kasih Bahagia Tarakan which amounted to 2 students. Classroom Action Research is carried out in two cycles, each consisting of four stages: planning, action, observation / observation and reflection. Data collection techniques used were tests and observation. Vocabulary comprehension results in cycle 1 with the initials AK and scored 70 second cycle to obtain the initial value of 88 while the BE obtain a score of 70 and scored 80 second cycle. PTK is the application of media images in fourth grade card SDLB Kasih Bahagia Tarakan. The conclusion of this Class Action research is research using grade IV picture card media SDLB Kasih Bahagia Tarakan improve learning outcomes in rhyme material.