Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema Pekerjaan Dengan Menggunakan Media Audio Visual Film Animasi Anak Di Kelas III-C SDN 005 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema Pekerjaan Dengan Menggunakan Media Audio Visual Film Animasi Anak Di Kelas III-C SDN 005 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema Pekerjaan Dengan Menggunakan Media Audio Visual Film Animasi Anak Di Kelas III-C SDN 005 Tarakan

Pengarang : Hasnia - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema Pekerjaan dengan Menggunakan Media Audio Visual Film Animasi Anak di Kelas III C SDN 005 Tarakan. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas III C SDN 005 Tarakan dengan jumlah siswa 20 siswa, 12 siswa laki- laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, dimana setiap siklusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan, yaitu pada siklus I diperoleh tingkat ketuntasan aspek kognitif 65% dari 20 siswa, ranah afektif 55% siswa mencapai nilai kategori minimal baik, sedangkan pada ranah psikomotorik 45% siswa mencapai nilai kategori minimal baik. Pada sisklus II terjadi peningkatan, hasil belajar ranah kognitif mencapai 80% dari 20 siswa, ranah afektif 80% siswa dengan nilai kategori minimal baik dan ranah psikomotorik mencapai 95% siswa juga mencapai nilai dengan kategori minimal baik.
Kesimpulan dari PTK ini adalah hasil belajar siswa kelas III C SDN 005 Tarakan pada tema Pekerjaan dapat di tingkatkan dengan media audio visual film animasi anak.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Audio Visual, Tematik

The research objective is to Improve Student Results Themes Work Using Audio Visual Media Film Animation Children in Class III C SDN 005 Tarakan. Subject of research is the third grade students of SDN 005 C Tarakan with enrollment of 20 students, 12 students male and 8 female students. The study was conducted by 2 cycles, with each cycle consisting of planning, action, observation, and reflection. Based on the results of research carried out, ie the first cycle obtained mastery level cognitive aspects 65% of the 20 students, 55% affective students achieve better grades minimal category, while in the psychomotor domain of 45% of pupils achieve good grades minimal category. At cycle II improvements, cognitive learning results reached 80% of the 20 students, 80% affective student with good grades and a minimum category psychomotor sphere reaches 95% of students also achieved good grades with minimal category. The conclusion of this PTK is the result of the third-grade students of SDN 005 C Tarakan on the theme of work can be improved by audio-visual media animated film children. Keywords: Results Learning, Media Audio Visual, Thematic

Detail Informasi