
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema Pekerjaan Dengan Menggunakan Media Audio Visual Film Animasi Anak Di Kelas III-C SDN 005 Tarakan
Pengarang : Hasnia - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema Pekerjaan dengan Menggunakan Media Audio Visual Film Animasi Anak di Kelas III C SDN 005 Tarakan. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas III C SDN 005 Tarakan dengan jumlah siswa 20 siswa, 12 siswa laki- laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, dimana setiap siklusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan, yaitu pada siklus I diperoleh tingkat ketuntasan aspek kognitif 65% dari 20 siswa, ranah afektif 55% siswa mencapai nilai kategori minimal baik, sedangkan pada ranah psikomotorik 45% siswa mencapai nilai kategori minimal baik. Pada sisklus II terjadi peningkatan, hasil belajar ranah kognitif mencapai 80% dari 20 siswa, ranah afektif 80% siswa dengan nilai kategori minimal baik dan ranah psikomotorik mencapai 95% siswa juga mencapai nilai dengan kategori minimal baik.
Kesimpulan dari PTK ini adalah hasil belajar siswa kelas III C SDN 005 Tarakan pada tema Pekerjaan dapat di tingkatkan dengan media audio visual film animasi anak.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Audio Visual, Tematik
The research objective is to Improve Student Results Themes Work Using Audio Visual Media Film Animation Children in Class III C SDN 005 Tarakan. Subject of research is the third grade students of SDN 005 C Tarakan with enrollment of 20 students, 12 students male and 8 female students. The study was conducted by 2 cycles, with each cycle consisting of planning, action, observation, and reflection. Based on the results of research carried out, ie the first cycle obtained mastery level cognitive aspects 65% of the 20 students, 55% affective students achieve better grades minimal category, while in the psychomotor domain of 45% of pupils achieve good grades minimal category. At cycle II improvements, cognitive learning results reached 80% of the 20 students, 80% affective student with good grades and a minimum category psychomotor sphere reaches 95% of students also achieved good grades with minimal category. The conclusion of this PTK is the result of the third-grade students of SDN 005 C Tarakan on the theme of work can be improved by audio-visual media animated film children. Keywords: Results Learning, Media Audio Visual, Thematic