Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV-A Di SDN 012 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV-A Di SDN 012 Tarakan

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV-A Di SDN 012 Tarakan

Pengarang : Ewin - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa materi pancaindra menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match di kelas IV-A SDN 012 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 012 Tarakan pada semester I tahun ajaran 2015/2016, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 012 Tarakan yang berjumlah 31 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 17 siswa dan perempuan berjumlah 14 siswi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian untuk memperoleh data adalah lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru dan tes hasil belajar yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda dan 5 soal essay.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa materi pancaindra di kelas IV SDN 012 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar adalah 46,7% dan setelah diberikan tindakan pada siklus I ketuntasan hasil belajar kognitif siswa menjadi 54,8% pada siklus II meningkat menjadi 87,1%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.

Kata Kunci: Ilmu Pengetahuan Alam, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Make A Match

The purpose of this research is to improve learning outcomes material science breathing apparatus in panca indra in class IV-A SDN 012 Tarakan. This type of research used by the research is the Classroom Action Research (CAR) held in SDN 012 Tarakan in second semester I of the year 2015/2016, the research subjects were students of class IV-A SDN 012 Tarakan totaling 31 students consist of 17 male students and 14 female students. This study was conducted in two cycles each cycle consisting of 3 meetings. The procedure of each cycle consisting of planning, action, observation and reflection. Data obtained in this research include teacher observation sheet activities, observation of student activity sheets, assessment cognitive aspect which consists of 10 multiple choice questions and 5 essay of stuffing (test result of learning). The results showed that by applying the Model make a match can increase student learning outcomes IPA breathing apparatus in panca indra material in class IV-A SDN 012 Tarakan. It can be seen from the results obtained in each cycle, before the given action is mastery learning students' cognitive 46,7% and after being given the action in the first cycle completeness cognitive learning outcomes of students to 54,8% on the second cycle increased to 87,1%. It can be said that the research has been successful and in accordance with the indicators of success. Keywords: Natural Sciences, Learning Achievement, Make A Match

Detail Informasi