
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Kegiatanku Menggunakan Pendekatan Scientific Berbantuan Media Gambar Di Kelas I-B SDN 005 Tarakan
Pengarang : Eka Listiani Pratiwi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema kegiatanku menggunakan pendekatan Scientific berbantuan media gambar di Kelas I-B SDN 005 Tarakan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan empat (4) tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dari observasi hasil belajar sebelum penelitian hanya 8 siswa (28,58%%) mencapai nilai KKM ≥ 71, sedang 20 siswa (71,42%) belum mencapai nilai KKM. Pada siklus I hasil belajar ranah pengetahuan mencapai ketuntasan 61,54% dari 28 siswa, ranah sikap 62,712% siswa mencapai nilai kategori minimal baik, sedang pada ranah keterampilan mencapai 57,13% siswa mencapai nilai dengan kategori minimal baik. Pada siklus II terjadi peningkatan, hasil belajar ranah pengetahuan mencapai 79,78% dari 28 siswa, pada ranah sikap mencapai 80,94% siswa dengan nilai kategori minimal baik dan ranah Psikomotorik mencapai 79,78% siswa juga mencapai nilai dengan kategori minimal baik.
Kesimpulan dari PTK ini adalah hasil belajar siswa kelas I-B SDN 005 pada tema Kegiatanku dapat di tingkatkan dengan menerapkan pendekatan Scientific berbantuan media gambar.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendekatan Scientific, Media Gambar
The purpose of this research is to improve the student learning outcomes the theme of my activities using a scientific approach to media-aided drawing in grade 1 b SDN 005 Tarakan.Research class action was conducted in two cycles with four (4) phases : p;anning,implementation, observation andreflection.Of observation learning outcomes before the study only 8 student (28.58%) reached the KKM 71,were 20 student (71.42%) have not yet reched the KKM. In cycle 1 domain knowledge learning outcomes achieve mastry 64.54% of the 28 student, the realm of attitudes 62.712% of student achieving the minium category value is good, being the realm of skill reached 57.13% of student achieving good grade with minimal category, on the second cycle increased, learning outcomes realm of knowledge reached 79.78% of the 28 students, in the realm of attitudes reached 80.94% of student with good grades and a minimum category psychomotor domains reached 79.78% of student also achived good grades with minimal category. This is the conclusion of PTK student learning outcomes Grade 1 b SDN 005 on the themes of my activites can be enhanced by applying a scientific approachto media-aided drawing.