
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Di Kelas V SDN 023 Tarakan
Pengarang : Anita - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Pada Tema peristiwa dalam kehidupan menggunakan pendekatan scientific pada siswa kelas V SDN 023 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing empat komponen yaitu Planning (Perencanaan), Action (Tindakan), Observating (Pengamatan), dan Reflecting (Refleksi). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non-tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian psikomotorik siswa, lembar penilaian afektif, dan lembar observasi aktivitas siswa dalam pengelolaan pembelajaran. Rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada aspek psikomotorik siklus I yaitu 34% siswa dinyatakan telah tuntas sedangkan 66% siswa tidak tuntas. Mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 78% siswa telah dinyatakan tuntas sedangkan yang belum tuntas hanya 22%. Rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada aspek afektif siklus I yaitu 25% siswa telah tuntas sedangkan 75% siswa tidak tuntas mengalami peningkatan pada siklus II pada aspek afektif yaitu 78% siswa telah tuntas sedangkan hanya 22% siswa tidak tuntas. Rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada aspek kognitif pada siklus I yaitu siswa yang telah tuntas yaitu 50% sedangkan yang tidak tuntas yaitu 50% mengalami peningkatan pada siklus II yaitu siswa yang tuntas yaitu 81% dan tidak tuntas hanya yaitu 19%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan penggunaan pendekatan scientific dapat meningkatkan hasil belajar siswa Pada Tema peristiwa dalam kehidupan Di Kelas V SDN 023 Tarakan Tahun 2014/2015.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendekatan Scientific, Tema Peristiwa Dalam Kehidupan
This study aims to improve student learnners’ Achievement in In Themes events in the life of a scientific approach to the fifth grade students of SDN 023 Tarakan. This type of research that is used by researchers is the Classroom Action Research (CAR). Classroom Action Research (CAR) was conducted in two cycles, each of the four components, namely Planning (Planning), Action (action), Observating (Observation), and Reflecting (Reflection). Data collection techniques used is a test and non-test. Data collection instruments used were a test of learning outcomes, student assessment sheets psychomotor, affective assessment sheet, and observation of student activity sheet in the management of learning. On average completeness of student learnners’ Achievement in the classical style on psychomotor aspects of the first cycle that 34% of students have otherwise been completed while 66% of students do not complete. Increased in the second cycle is 78% of students have declared complete unfinished whereas only 22%. On average completeness of student learnners’ Achievement in the classical style on the affective aspects of the first cycle that 25% of students have been completed, while 75% of students do not complete an increase in the second cycle on affective aspects, namely 78% of students have completed while only 22% of students do not complete. On average completeness of student learnners’ Achievement in the classical style on cognitive aspects in the first cycle ie students who have completed is 50% whereas incomplete ie 50% increase in cycle II, students who completed is 81% and only 19% complete. Based on the results of this study concluded that by implementing the use of a scientific approach can improve student learnners’ Achievement In Themes events in the life of SDN 023 Classroom Tarakan Year 2014/2015. Keywords: Learning Outcomes, Scientific Approach, Theme Events In The Life