
Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V Di SDN 048 Tarakan
Pengarang : Anisa - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi alat pernapasan pada manusia dan hewan menggunakan metode eksprimen di kelas V SDN 048 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 048 Tarakan pada semester I tahun 2015/2016, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 048 Tarakan yang berjumlah 31 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 16 siswa dan perempuan berjumlah 15 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Prosedur setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, penilaian aspek kognitif yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda dan 5 soal isian (tes hasil belajar), aspek afektif (sikap), dan aspek psikomotorik (presentasi kelompok).
Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menerapkan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa materi alat pernapasan pada manusia dan hewan di kelas V SDN 048 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklu, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar kognitif siswa adalah 31,8% dan setelah diberikan tindakan pada siklus I ketuntasan hasil belajar kognitif siswa menjadi 58,1 pada siklus II meningkat menjadi 87,1%. Ketuntasan hasil belajar aspek afektif siswa siklus I 41,9% atau 13 siswa pada siklus II meningkat menjadi 90,3%. Kemudian hasil belajar aspek psikomotorik siswa siklus I 67,7% pada siklus II meningkat menjadi 96,8%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Kata Kunci: Ilmu Pengetahuan Alam, Hasil Belajar, Metode Eksperimen
The purpose of this research is to improve learning outcomes material science breathing apparatus in humans and animals in class V SDN 048 Tarakan. This type of research used by the research is the Classroom Action Research (CAR) held in SDN 048 Tarakan in second semester I of the year 2015/2016, the research subjects were students of class V SDN 048 Tarakan totaling 31 students consist of 16 male students and 15 female students. This study was conducted in two cycles each cycle consisting of 3 meetings. The procedure of each cycle consisting of planning, action, observation and reflection. Data obtained in this research include teacher observation sheet activities, observation of student activity sheets, assessment cognitive aspect which consists of 10 multiple choice questions and 5 matter of stuffing (test result of learning), affective (attitude), and psychomotor aspects (group presentations). The results showed that by applying the experiment method can increase student learning outcomes IPA breathing apparatus in humans and animals material in class V SDN 048 Tarakan. It can be seen from the results obtained in each cycle, before the given action is mastery learning students' cognitive 31,8% and after being given the action in the first cycle completeness cognitive learning outcomes of students to 58,1% on the second cycle increased to 87,1%. Completeness affective aspects of students' learning outcomes first cycle of 41,9% on the second cycle increased to 90,3%. Then the learning outcomes of student's psychomotor aspects of the first cycle of 67,7% on the second cycle increased to 96,8%. It can be said that the research has been successful and in accordance with the indicators of success. Keywords: Natural Science, Learning Achievement, Experiment Method