Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pengukuran Benda Pada Siswa Kelas II SDN 013 Malinau Utara | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pengukuran Benda Pada Siswa Kelas II SDN 013 Malinau Utara

Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pengukuran Benda Pada Siswa Kelas II SDN 013 Malinau Utara

Pengarang : Ediy Amat - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pengukuran berat benda pada siswa kelas I SDN 013 Malinau Utara.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 013 Malinau Utara pada semester II tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas I SDN 013 Malinau Utara yang berjumlah 16 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, dan penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas I SDN 013 Malinau Utara dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pengukuran berat benda siswa kelas I SDN 013 Malinau Utara. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 50% pada siklus II meningkat menjadi 75%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Demonstrasi, Siswa

The objective of this study is to implement demonstration method for improving mathematic learning achievement in object weight measurement material at I grade students in SDN 013 Malinau Utara. The research design of this study is classroom action research (CAR) that is done in SDN 013 Malinau Utara at second semester in academic year of 2015/2016. The subjects of this research are I grade students in SDN 013 Malinau Utara by total 16 students which consists of 9 male and 7 female students. The research is conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, implementing, observing and reflecting. The data of this study are gathered by using instrument which are students’ observation sheet, teachers’ observation sheet, and cognitive assessment (test of learning achievement. The result of this research shows that by implementing demonstration method can improve students’ learning achievement in object weight measurement material at I grade students in SDN 013 Malinau Utara. It can be seen by the students’ achievement result in each cycle, in cycle I, the percentage of students’ completeness in cognitive aspect is 50%, and having an improvement in cycle II, that is 75%. Therefore, it can be concluded that the research is success and achieve the indicator of success. Keywords: Learning Achievement, Demonstration Method, Student

Detail Informasi