Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Aspek Membaca Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Di Kelas IV SDN 001 Sesayap Hilir | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Aspek Membaca Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Di Kelas IV SDN 001 Sesayap Hilir

Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Aspek Membaca Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Di Kelas IV SDN 001 Sesayap Hilir

Pengarang : Mohammad - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi isi simbol daerah dan denah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe di kelas IV SDN 001 Sesayap Hilir.
Dalam pelaksanaan penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Bentuk tes berupa soal isian dan bersifat individu. Soal disesuaikan dengan tujuan instruksional khusus yang telah dirumuskan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 001 Sesayap Hilir dengan jumlah siswa 25 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif (sikap siswa) dan kuantitatif (nilai hasil belajar siswa).
Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa melalui model pembelajaraan kooperatif tipe Picture and Picture pada materi isi simbol daerah Jawa Barat dan denah. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 67,3% pada siklus I menjadi 81,6% pada siklus II. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa tingkat penguasaan siswa dapat dikategorikan baik.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture

The purpose of improving student learning outcomes in learning Indonesian the content of regional symbols and plans using a type cooperative learning model in grade IV SDN 001 Sesayap Hilir. In the implementation of this study, it used a Class Action Research (PTK) design with two cycles. The form of the test is in the form of fill-in-the-blank questions and is individual. The questions are tailored to the specific instructional objectives that have been formulated. The subject of this study was grade IV students of SDN 001 Sesayap Hilir with a total of 25 students. The data analysis techniques used are qualitative (student attitude) and quantitative (student learning outcome scores) data. The results of the analysis showed that there was an increase in student learning outcomes Indonesian through a Picture and Picture type cooperative learning model on the content material of the West Java regional symbols and plans. Average student learning outcomes increased from 67.3% in cycle I to 81.6% in cycle II. The increase proves that the student's mastery level can be categorized as good. Keywords: Learning Outcomes, Picture and Picture Type Cooperative Learning Model

Detail Informasi