Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V-2 SDN 018 Tarakan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V-2 SDN 018 Tarakan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V-2 SDN 018 Tarakan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation

Pengarang : Agustinus Luther Tibe’ - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V-2 SDN 018 Tarakan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation.
Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 018 Tarakan pada semester II tahun ajaran 2015/2016, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V-2 SDN 018 Tarakan yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 19 siswa perempuan dan 13 siswa lakilaki. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur setiap siklus penelitian ini terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, penilaian aspek kognitif siswa (tes hasil belajar), aspek afektif (sikap), dan aspek psikomotorik (keterampilan).
Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V-2 SDN 018 tarakan. Hal ini dapat dilihat pada data hasil yang diperoleh setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar siswa adalah 63,85% dan setelah diberikan tindakan pada siklus I ketuntasan belajar siswa pada aspek kognitif menjadi 37% dan siklus II meningkat menjadi 75%.

Kata Kunci: Hasil Belajar Dan Model Group Investigation

The purposed of this research was to improve the the students’ result of study IPS in class V-2 at SDN 018 Tarakan by using Cooperative Group Investigation Types of Learning Model. The method of this research used classroom Action Research (PTK) that located at SDN 018 Tarakan in second semester 2015/2016 academic year. The subjects of this research were the students in class V-2 with the total of students consist of 19 females and 13 males. This research done in two period time consist of two meetings. The procedures of each meeting consist of planning, acting, observations, and evaluation. The data obtained included the teacher activities observation sheet, the students activities observation sheet, cognitive aspects of students assessment (the result of study test), affective aspect (attitudes), and psychomotor aspect (Skills). The result of this research showed that by using Cooperative Group Investigation Types of Learning Model can be improved the students’ result of study IPS in class V-2 at SDN 018 Tarakan. It can be seen in the data obtained in each period time, where before, action learning completeness students was 63,85% and after given action learning completeness students in first period, the students’ completeness in cognitive aspect 37% and the second periods improved 75%. Key terms: the Result of Study, Investigation Group Mode

Detail Informasi