
Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Bilangan Bulat Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Siswa Kelas V SDN 002 Sesayap Hilir
Pengarang : Zainal Abidin - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together Kelas V SDN 002 Sesayap Hilir.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Ketuntasan belajar klasikal mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I sebesar 50% meningkat menjadi 83% pada siklus II.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada materi operasi hitung bilangan kelas V SDN 002 Sesayap Hilir dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together
Action Research (PTK) aims to improve the Student Results In Mathematics Learning Using Cooperative Learning Model Numbered Heads Together Class V SDN 002 Sesayap downstream. Action Research (PTK) is implemented using Cooperative Learning Model Numbered Heads Together in 2 cycles, each consisting of four stages: planning, action, observation / observation and reflection. Classical learning completeness increased from the first cycle to the second cycle. In the first cycle of 50% rising to 83% in the second cycle. Conclusion Action Research (PTK) is the use of Cooperative Learning Model Numbered Heads Together on the material grade number arithmetic operations SDN 002 Downstream Sesayap can improve student learning achievement. Keywords: Learning Achievement, Mathematics, Cooperative Learning Model Numbered Heads Together