Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Konsep Faktor Dan Kelipatan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Siswa Kelas IV SDN 012 Sesayap | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Konsep Faktor Dan Kelipatan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Siswa Kelas IV SDN 012 Sesayap

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Konsep Faktor Dan Kelipatan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Siswa Kelas IV SDN 012 Sesayap

Pengarang : Yohanis Soleman - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matemtaika materi faktor dan kelipatan siswa dengan penerapan model pembelajaran Picture and Picture di kelas IV SDN 012 Sesayap. Objek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah siswa kelas IV SDN 012 Sesayap yang berjumlah 10 siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi.
Hasil belajar matematika pada siklus 1 ketuntasan belajar klasikal mencapai 500%, dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar dengan ketuntasan belajar klasikal 80%.
Kesimpulan PTK ini adalah penerapan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi faktor dan kelipatan siswa kelas IV SDN 012 Sesayap.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Numbered Heads Together

The objective of this study was to determine the increase of learning outcomes matemtaika material factors and multiples students with application of learning models Picture and Picture-in-class IV SDN 012 Sesayap. Object Class Action Research (PTK) is the fourth grade students of SDN 012 Sesayap totaling 10 students. Action Research (PTK) was conducted in two cycles, each consisting of four stages: planning, action, observation / observation and reflection. Data collection techniques used are tests and observation. Mathematics learning outcomes in cycle 1 classical learning completeness reached 500%, and the second cycle increased learning outcomes with classical learning completeness 80%. The conclusion of this PTK is the application of learning models Picture and Picture can improve learning outcomes material math multiplication factor and fourth grade students of SDN 012 Sesayap. Keywords: Learning Outcomes, Learning Model Numbered Heads Together

Detail Informasi